Tahun Ini Bunga Sakura di Jepang Mekar Lebih Awal

CNN Indonesia | Selasa, 16/03/2021 10:50 WIB
Diperkirakan bunga sakura akan mulai berbunga di Tokyo pada 15 Maret dan mekar sempurna pada 23 Maret. Ilustrasi. Tak hanya di Jepang, pemandangan musim mekar bunga sakura juga bisa dinikmati di Washington DS, AS. (AFP PHOTO / SAUL LOEB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim mekar bunga sakura menjadi salah satu magnet kedatangan turis mancanegara ke Jepang. Namun perlu diketahui, kalau jadwal musim mekar bunga yang tumbuh di pohon ceri itu tak bisa diprediksi dengan pasti setiap tahunnya.

Tahun ini, musim mekar bunga sakura di beberapa lokasi di Jepang diperkirakan datang lebih awal dari biasanya.

Mekarnya bunga sakura amat bergantung pada kondisi cuaca menjelang musim semi, karena tanggal berbunga dan mekar penuh bunga sakura dihasilkan dari pola suhu dari musim gugur tahun sebelumnya.


Badan Meteorologi Jepang telah memperbarui prakiraan bunga sakura untuk tahun 2021, yang memperkirakan tanggal berbunga dan mekar penuh di sekitar 1000 lokasi pengamatan.

Diperkirakan bunga sakura akan mulai berbunga (kaika) di Tokyo dan Fukuoka pada 15 Maret dan mekar sempurna (mankai) pada 23 Maret di Tokyo dan sehari kemudian untuk Fukuoka.

Bunga sakura yang tumbuh di Hiroshima dan Nagoya akan mulai berbunga pada tanggal 16 dan mekar sepenuhnya pada tanggal 26.

Sedangkan di Wakayama dan Kyoto diperkirakan akan mekar pada tanggal 17 Maret, Kōchi pada tanggal 18, Osaka pada tanggal 20, dan Nagano pada tanggal 31 Maret.

Bunga-bunga indah itu akan mulai bermekaran di lokasi lainnya di Jepang pada kemudian harinya, termasuk di Aomori pada 21 April dan di Sapporo pada 2 Mei.

Daun pada pohon sakura biasanya mengeluarkan hormon untuk mencegahnya berbunga lebih awal, tetapi kondisi cuaca buruk dapat mempengaruhi proses ini dan membuat mekar terjadi lebih awal.

Hanami atau piknik di bawah pohon sakura yang sedang mekar adalah tradisi penduduk Jepang yang dilakukan secara turun temurun.

Momen piknik ini bakal sangat ramai, karena bunga sakura hanya bertahan satu atau dua minggu usai mekar paripurna.

Oleh karena itu, ramalan bunga sakura membantu warga dan turis memanfaatkan pemandangan langka ini sebaik-baiknya.

Perkiraan musim mekar bunga sakura dari Badan Meteorologi Jepang dapat dilihat di sini.

Dengan pembatasan perjalanan yang masih berlaku di sebagian besar dunia, melihat bunga sakura di Jepang mungkin tidak dapat dilakukan tahun ini.

Namun, mengutip Lonely Planet, bagi yang ingin menikmati pemandangan musim mekar bunga sakura dari rumah bisa secara online bisa mengunjungi situs BloomCam.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK