Mengenal Royal Clock Tower, 'Big Ben' di Jantung Mekkah

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 16:50 WIB
Royal Clock Tower adalah bangunan dengan arsitektur menawan setelah Kakbah dan Masjidil Haram di Mekkah, kota tersuci Islam. Royal Clock Tower di Mekkah. (iStockphoto/Haidan Abdan Syakuro)
Jakarta, CNN Indonesia --

Royal Clock Tower adalah bangunan dengan arsitektur menawan setelah Kakbah dan Masjidil Haram di Mekkah, kota tersuci Islam. Keduanya terpisah "hanya" sekitar 200 meter.

Disebut sebagai tampilan jam terbesar di dunia, Menara Jam Mekkah memiliki dua fitur yang sama dengan Big Ben terkenal yang disebut Menara Elizabeth di London, Inggris; tepat waktu dan monumen yang ikonis.

Royal Clock Tower dibangun hampir 150 tahun setelah Big Ben dan diresmikan pada Agustus 2012. Ukuran jam di Royal Clock Tower 35 kali lebih besar dari Big Ben.


Berdiri di ketinggian 607 meter - hampir dua kali lipat Menara Eiffel (di Paris) - menjadikannya gedung tertinggi ketiga di dunia.

Sebuah mahakarya dalam desain arsitektur dan teknik, Menara Jam Mekkah dibangun hampir 150 tahun setelah Big Ben dan diresmikan pada Agustus 2012.

Menara Jam Mekkah memiliki empat bagian muka jam, 83 x 67 meter depan belakang dan 77 x 47 meter di samping dengan setiap jarum jam seberat 6 ton.

Panjang jarum menit adalah 23 meter sedangkan panjangnya 17 meter.

Dihiasi dengan mosaik emas, sebuah bulan sabit besar dengan berat 107 ton berada di puncak menara.

Wisatawan dapat mengunjungi area bulan sabit, yang memiliki musala besar di samping fasilitas lainnya termasuk museum dengan membayar tiket masuk seharga 150 Riyal Saudi (sekitar Rp586 ribu) per orang.

Fungsi utama Royal Clock Tower ialah memberi informasi waktu sebaik-baiknya kepada seluruh penghuni kota Mekkah.

Oleh karena itu desain jam di Menara Jam Mekkah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa ditatap sampai sekitar 12 km pada siang hari.

Warna putih (angka dan jarum jam) dengan latar belakang hijau, diterangi oleh lampu LED spektakuler menawarkan gambar jernih yang nyaris sempurna di malam hari.

Mengenal Royal Clock Tower, 'Big Ben' di Jantung Mekkah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK