Tak Ada Salahnya Berdandan Meski di Rumah Saja

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 07:01 WIB
Tak ada salahnya berdandan meski berada di rumah saja. Berdandan dapat memberikan semangat dan energi baru, serta menimbulkan perasaan nyaman. Ilustrasi. Berdandan dapat memberikan semangat dan energi baru, serta menimbulkan perasaan nyaman. (iStockphoto/cokada)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi memang membuat banyak orang lebih sering berada di rumah. Namun, bukan berarti Anda tak perlu berdandan.

Tak ada salahnya berdandan meski berada di rumah saja. Toh, secara psikologis, berdandan dan tampil semenarik mungkin meski di rumah saja dapat memberikan semangat dan energi baru pada diri.

Psikolog Audrey Tang mengatakan bahwa berdandan atau berpenampilan layaknya Anda akan bepergian memberikan energi tersendiri pada diri Anda.


"Berdandan-lah hanya untuk merasa nyaman. Itu adalah kemenangan kecil dan brilian. Saya senang pada orang-orang yang berdandan hanya untuk merasa nyaman meski di rumah saja," ujar Tang, mengutip Huffington Post.

Saat berdandan, lanjut Tang, ada efek besar yang didapatkan otak. Dari sini, Tang berpesan agar jangan pernah meremehkan hal-hal sederhana, seperti berdandan.

"Bahkan hanya dengan berdiri sambil mengenakan pakaian yang Anda sukai, itu akan membuat Anda merasa lebih baik dan berpengaruh pada otak," ujar Tang.

Dengan cara tersebut, Anda memberikan sesuatu yang baru pada otak. "Otak menjadi sangat bersemangat," kata Tang.

Berada di rumah tak berarti membuat seseorang tak lagi ingin terlihat cantik. Keinginan tersebut akan terus ada di dalam diri.

"Jadi, jika ada kesempatan untuk berdandan, banyak orang yang mencoba berdandan maksimal," ujar psikolog lain, Sandra Wheatley. Hal ini, lanjutnya, menjadi cara banyak orang untuk kembali pada sesuatu yang disebut 'normal'.

Tak hanya dengan berdandan, hanya sebuah senyuman juga bisa memberikan energi positif untuk diri. Senyuman telah terbukti meningkatkan suasana hati.

"Senyuman, dengan sendirinya, akan mengubah perasaan Anda," ujar Wheatley.

Selain berdandan dan tersenyum, Tang yakin bahwa masih ada banyak hal yang bisa memicu pelepasan hormon endorfin dalam tubuh.

"Untuk merasa bahagia, kita tidak harus bergantung pada rangsangan dari luar. Kita bisa membuat diri kita bahagia. Jika Anda bisa membuat diri Anda merasa lebih baik, maka Anda menang," ujar Tang.

Pada dasarnya, Anda bisa berdandan mengenakan busana apa saja yang disukai. Namun, beberapa penelitian merekomendasikan penggunaan beberapa warna busana yang bisa berpengaruh pada suasana hati.

Mengutip The Guardian, penelitian menunjukkan bahwa warna kuning, merah muda, dan merah memiliki efek yang dapat membangkitkan semangat dan memberikan energi. Sementara warna biru membuat seseorang merasa lebih tenang.

Anda bisa berdandan kapan saja. Misalnya, Anda bisa mengenakan sweater berwarna cerah saat berjalan kaki di pagi hari. Cara-cara tersebut dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan memberi energi positif untuk memulai hari.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK