10 Pulau Baru yang Muncul di Bumi

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 14:50 WIB
Tak hanya di Indonesia, sejumlah pulau baru juga secara mengesankan muncul di penjuru dunia dalam beberapa tahun terakhir. Ilustrasi. (istockphoto/ FilippoBacci)

4. Zalzala Koh

Gempa dahsyat berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) melanda provinsi Baluchistan di Pakistan pada 24 September 2013, menyebabkan ratusan orang tewas dan puluhan lainnya ribuan tunawisma.

Bencana alam itu juga melahirkan pulau bundar kecil di lepas pantai dekat kota pelabuhan Gwadar.

Menurut para peneliti, pulau itu adalah gunung lumpur, terbentuk dari emisi gas metana yang mendorong ke atas sebagian dasar laut yang berlumpur dan berbatu.


Disebut secara lokal sebagai Zalzala Koh (Gunung Gempa) atau Zalzala Jazeera (Pulau Gempa), daratan kecil itu diperkirakan akan menghilang dengan cepat setelah gas di bawah mendingin dan erosi dari gelombang laut.

5. Home Reef

Beberapa pulau dibangun untuk bertahan, sementara yang lain menghilang. Lalu ada jenis ketiga yang tampaknya datang dan pergi.

Home Reef, yang diciptakan oleh gunung berapi bawah laut di Tonga, adalah salah satu pulau fana.

Selama 150 tahun terakhir, Home Reef telah muncul dan hancur beberapa kali setelah letusan gunung berapi.

Letusan terakhir pada tahun 2006 tidak hanya menciptakan pulau sementara, tetapi juga mengirimkan bebatuan dasar laut ke Kepulauan Fiji dan akhirnya ke Australia. Pada 2008, Home Reef hilang lagi.

Sayangnya, letusan gunung berapi baru pada tahun 2015 tidak mengembalikan Home Reef.

6. Norderoogsand

Pada tahun 2003, para peneliti melihat gundukan pasir kecil tumbuh 16 mil di lepas pantai Jerman di Laut Utara.

Dalam 10 tahun, pulau itu muncul sebagai pulau seluas 34 hektare, sudah menjadi rumah bagi 50 spesies tumbuhan berbeda dan beberapa jenis burung, termasuk angsa abu-abu dan elang peregrine.

Pulau yang masih muda, Norderoogsand, tidak biasa karena sebagian besar gumuk pasir di perairan pesisir Laut Utara yang dangkal gagal bertahan dari badai musim dingin yang ganas.

Sebuah artikel di The Telegraph memperingatkan bahwa badai besar masih bisa menghapus Norderoogsand.

7. Tugtuligssup Sarqardlerssuua

Selama 60 tahun terakhir, Gletser Steenstrup di barat laut Greenland telah menyusut lebih dari enam mil, sebagian karena perubahan iklim.

Pencairan tersebut telah memunculkan beberapa pulau baru, yang terbaru pada tahun 2014, menurut American Geophysical Union.

Para peneliti percaya pulau itu - dinamai dari gunung yang disebut Tugtuligssup Sarqardlerssuua yang berada di atasnya - mungkin telah membantu menambatkan gletser di tempatnya.

Sekarang Steenstrup menyusut lebih cepat, menghasilkan lebih banyak pulau dan selanjutnya mengubah pantai Greenland.

[Gambas:Youtube]



10 Pulau Baru yang Muncul di Bumi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK