Sneakers Yeezy Kanye West Bakal Jadi Sepatu Termahal di Dunia

CNN Indonesia | Sabtu, 17/04/2021 07:47 WIB
Sneakers Yeezy milik Kanye West bakal dijual dengan harga lebih dari Rp14,6 miliar, mengalahkan rekor Nike Air Jordan 1 sebelumnya seharga Rp8,9 miliar. Kanye West. (Jewel SAMAD / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sneakers Yeezy milik Kanye West mungkin bakal jadi sepatu termahal di dunia. Sepatu bekas itu akan dijual dengan harga lebih dari US$1 juta atau setara dengan Rp14,6 miliar.

Harga sepatu bekas itu mengalahkan rekor sepatu termahal sebelumnya, Nike Air Jordan 1 dengan tanda tangan Michael Jordan pada 1985 yang dijual US$ 615 ribu atau Rp 8,9 miliar.

Kolektor dari lembaga lelang Sotheby's, Brahm Wachter mengatakan, tingginya harga prototipe Yeezy tersebut dikarenakan pengaruh budaya sepatu di masyarakat.


"Pasangan sepatu ini sangat penting untuk pengembangan franchise Yeezy, yang jadi salah satu merek sepatu terpenting dalam sejarah," tuturnya dikutip CNN, Kamis (15/4).

Kolektor sneaker yang akan memasarkan Yeezy milik Kanye West, Ryan Cheng juga mengatakan, prototipe Yeezy sangat istimewa karena digunakan oleh Kanye West saat dia memenangkan 4 penghargaan sekaligus pada malam itu.

"Prototipe Air Yeezy sangat istimewa bagi saya karena jadi menangkap momen di 2008 ketika Kanye West berdiri di atas panggung memenangkan 4 penghargaan malam itu," kata Cheng, dikutip Insider.

[Gambas:Instagram]



Prototipe Nike Air Yeezy 1 tersebut pertama kali dipakai Kanye West pada Grammy Awards 2008. Meski demikian, desain sepatu milik rapper Amerika Serikat tersebut tak pernah rilis di pasaran.

Sepatunya sendiri dibuat tahun 2007 oleh West and Mark Smith untuk Nike. Awalnya, Nike Air Yeezy 1 akan dijual pada 2009 seharga US$ 215 dolar atau Rp 3,1 juta. Desain yang dipakai Kanye sendiri tak jadi dipasarkan pada tahun tersebut.
Baru pada 2017, Yeezy dipasarkan oleh retailer sepatu Flight Club.

Prototipe Yeezy 1 terbuat dari kulit berwarna hitam lembut. Sepatu dibuat tinggi hingga mata kaki, dengan sol bagian depan dan belakang sepatu berwarna putih, dan memiliki tali yang unik. Desainnya sendiri disebut jadi gebrakan baru di dunia sneakers.

(mel/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK