ANALISIS

Plagiarisme Mode: Antara Peluang dan 'Alibi' Inspirasi

tim & Tim GH | CNN Indonesia
Selasa, 20 Apr 2021 15:30 WIB
Beberapa waktu lalu, media sosial diwarnai dengan unggahan dugaan plagiarisme label fashion lokal. Apa sebenarnya plagiarisme dan batasannya? Beberapa waktu lalu, media sosial diwarnai dengan unggahan dugaan plagiarisme label fashion lokal. Apa sebenarnya plagiarisme dan batasannya?(wendybuiter/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa waktu lalu, media sosial diwarnai dengan unggahan dugaan plagiarisme label fashion lokal. Kemiripan kedua label tersebut disebut terjadi pada warna dan juga desain model busananya.

Bicara soal plagiarisme, ini bukan hal baru yang muncul. Beberapa kasus dugaan penjiplakan juga sempat terjadi beberapa waktu lalu. Tak cuma di dunia fashion, kasus ini juga kerap terjadi di segmen dunia seni yang lain, musik misalnya.

Namun lambat laun, berbagai kasus ini pun menguap begitu saja tanpa ada kejelasan atau batasan jelas soal plagiat sebuah karya seni termasuk fashion. Tak adanya batasan dan kriteria seseorang menjiplak sebuah karya pun tak ayal membuat orang akhirnya menggunakan hal tersebut sebagai 'pembenaran' untuk meniru, menjiplak dengan embel-embel terinspirasi.


Pengamat fashion Dean Syahmedi mengungkapkan bahwa sebenarnya plagiarisme di dunia fashion sebenarnya bisa dilihat dari visualnya.

"Tapi kalau yang menjiplak itu yang secara visual, secara rancangan, sampai warna sama. Itu bisa dibilang menjiplak," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Ali Charisma, Chairman Indonesia Fashion Chamber mengungkapkan bahwa secara pribadi menilai topik plagiarisme ini memang abu-abu.

"Itu tergantung sih sebenarnya. Karena kalau plagiasi dibilang plagiasi susah juga. Repot ya kita enggak bisa menuding suatu brand oh bahwasanya ini brand nya mirip dengan punya saya , ini menembak brand saya," ucapnya kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Diakui dia juga, agak sulit untuk 'mengendalikan' kesamaan ide atau kasus duplikasi yang terjadi. Tren fast fashion yang menjamur saat ini, kata Ali, menjadi salah satu biang keroknya.

"Jadi desain, pola, motif, dan lainnya itu gampang banget didapatkan."

"Industri fashion makin ke sini eksklusivitasnya berkurang. jadi kayak kalau ngomongin brand sekarang di fast fashion itu kan sebenarnya kalau ditelusuri itu semua kan copyan dari runway yang ada di fashion week. Mereka sah sah saja karena kualitas beda, bahan yang dipakai beda, mungkin di-twist dikit juga ga bisa ngapa-ngapain. Tapi secara look, secara style, mirip banget istilahnya. Mereka restyling dan berubah, itu dilakukan dan dipraktikkan secara internasional."

Fast fashion adalah istilah yang digunakan oleh industri tekstil atau mode yang memiliki berbagai model fashion yang berganti dalam waktu yang sangat singkat dan cepat.

Inspirasi dan duplikasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER