7 Kesalahan Saat Puasa yang Buat Berat Badan Malah Naik

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 07:15 WIB
Tak salah memang berbuka dengan yang spesial, tetapi hati-hati, jangan sampai momen Ramadan malah jadi momen kenaikan berat badan. Tak salah memang berbuka dengan yang spesial, tetapi hati-hati, jangan sampai momen Ramadan malah jadi momen kenaikan berat badan. (iStockphoto/FarAway)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mulai pukul 2 siang tampaknya sebagian orang sudah merencanakan takjil untuk berbuka nanti. Rasanya sayang sekali jika Ramadan dilalui dengan menu makanan biasa dan itu-itu saja. Tak salah memang berbuka dengan yang spesial, tetapi hati-hati, jangan sampai momen Ramadan malah jadi momen kenaikan berat badan.

Mengutip  Egypt Independent, ahli gizi Walid Hazem mengatakan meski banyak orang meyakini berpuasa menurunkan kadar energi dan kehilangan kekuatan, sebenarnya puasa jadi kesempatan untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Tentu penurunan berat badan cuma jadi angan-angan jika Anda melakukan beberapa kesalahan sebagai berikut.


1. Minim persiapan

Kurang perencanaan selama Ramadan terutama rencana diet bisa mengantarkan Anda pada kenaikan berat badan. Sebaiknya buat rencana diet atau menu mingguan untuk sahur dan berbuka. Ini akan jadi panduan belanja bahan makanan.

Jangan lupa sertakan makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan serat seperti biji-bijian, buah, sayuran, lalu sumber protein seperti produk susu rendah lemak, ikan, tahu dan tempe. Perencanaan juga meliputi aktivitas fisik, waktu istirahat siang juga tidur malam. Usahakan memiliki waktu tidur teratur sekitar 7-8 jam.

2. Kurang asupan cairan

Melansir Al Arabiya, hidrasi jadi kunci penurunan berat badan selama Ramadan. Tak hanya mencegah dehidrasi, cukup cairan selama berpuasa akan mengontrol keinginan mengonsumsi makanan manis saat berbuka.

Setidaknya penuhi kebutuhan 8 gelas air putih dalam sehari. Anda bebas mengatur asupannya tetapi sangat disarankan untuk tidak minum banyak air sekaligus. Kemudian batasi minuman yang bersifat diuretik seperti kopi atau teh.

Makan banyak dan merokok

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK