5 Cara Diet untuk Remaja yang Bantu Turunkan Berat Badan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 11:13 WIB
Remaja sering kali kesulitan dalam menurunkan berat badan. Berikut sejumlah cara diet untuk remaja yang bantu turunkan berat badan. Remaja sering kali kesulitan dalam menurunkan berat badan. Berikut sejumlah cara diet untuk remaja yang bantu turunkan berat badan. (Foto: iStockphoto/Tempura)
Jakarta, CNN Indonesia --

Remaja sering kali kesulitan dalam menurunkan berat badan. Berikut sejumlah cara diet untuk remaja yang bantu turunkan berat badan.

Remaja berusia 12-18 tahun merupakan kelompok orang yang masih dalam masa pertumbuhan. Masa pertumbuhan ini sering kali membuat remaja memiliki suasana hati yang tak menentu dan nafsu makan yang berlebih sehingga mudah mengalami kenaikan berat badan.

Berat badan yang seimbang dan diet yang sehat penting untuk tumbuh kembang remaja. Remaja yang memiliki berat badan seimbang punya risiko lebih rendah terkena penyakit metabolik. Kesehatan yang baik akan menunjang aktivitas remaja di sekolah.


Sejumlah cara diet untuk remaja berikut ini dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Jalani diet ini dengan konsisten agar bisa menurunkan berat badan.

Berikut cara diet untuk remaja:

1. Ubah pola makan

Infografis Porsi Seimbang menurut giziCara diet untuk remaja yang bantu turunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat dan bernutrisi seimbang. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)


Remaja sering kali sibuk dengan kegiatan sekolah dan bermain sehingga pola makan sering tak teratur. Oleh karena itu, ubah pola makan menjadi lebih sehat.

Mulailah dengan sarapan di pagi hari, makan siang, dan makan malam. Di antara jeda makan berat, konsumsi makanan ringan yang sehat. Atur pula porsi makanan dengan nutrisi yang seimbang.

2. Menu diet untuk remaja

Foods with Zinc mineral on a wooden table. Top viewMenu diet untuk remaja harus terdiri dari makanan yang kaya nutrisi seperti makanan tinggi zinc atau seng. (Foto: iStockphoto/bit245)


Pilihlah menu diet untuk remaja yang terdiri dari makanan yang sehat. Remaja membutuhkan asupan protein, serat, kalsium, zat besi, seng, berbagai vitamin. Hindari konsumsi fast food atau makanan cepat saji, makanan tinggi gula, tinggi garam, dan tinggi lemak.

3. Sayur dan buah

Ilustrasi sayur dan buah-buahanCara diet untuk remaja yang bantu turunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah. NHS merekomendasikan konsumsi lima porsi sayur dan buah tiap hari. (Foto: Picjumbo)


Sayur dan buah memiliki peranan penting dalam diet untuk remaja. NHS merekomendasikan untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari untuk remaja.

Konsumsi buah dan sayur dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Olahraga yang teratur

Beautiful young sports lady doing push ups while workout at homeOlahraga yang teratur dan aktif bergerak menjadi cara diet untuk remaja (Foto: iStockphoto/Inside Creative House)

Banyak remaja saat ini lebih senang berkutat dengan gadget. Gaya hidup seperti ini dikaitkan dengan berat badan yang berlebih. Oleh karena itu, cara menurunkan berat badan untuk remaja adalah dengan bergerak dan berolahraga teratur. Luangkan waktu untuk berolahraga setiap hari.

Ikuti kegiatan olahraga di sekolah atau di lingkungan rumah bersama teman-teman agar olahraga semakin menyenangkan.

5. Minum air putih yang cukup

Ilustrasi Minum Air putihCara diet untuk remaja yang bantu turunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Remaja disarankan minum 6-8 gelas air putih setiap hari. (Foto: tookapic/Pixabay)


Remaja juga harus memenuhi kebutuhan air putih yang cukup. Remaja direkomendasikan mengonsumsi 6-8 gelas air setiap hari. Pilihlah air putih. Hindari mengonsumsi minuman berpemanis karena dapat meningkatkan berat badan.

Itulah cara diet untuk remaja yang dapat membantu menurunkan berat badan. Orang tua dan pengasuh memiliki peran penting untuk mendukung dan membentuk diet yang sehat untuk remaja.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK