7 Museum dan Galeri Seni Kekinian di Jakarta

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 14:50 WIB
Jangan lupakan etika berkunjung ke museum atau galeri seni, sehingga tempat tersebut tak sekadar menjadi studio foto yang Instagramable. Ilustrasi berkunjung ke museum. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Museum atau galeri seni yang kekinian semakin banyak dibuka di Jakarta. Pilihannya juga bukan hanya Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) saja.

Selama masa pandemi virus Corona, tentu saja setiap tempat bakal menetapkan aturan berkunjung yang lebih ketat dari biasanya, seperti pemesanan tiket sebelum kedatangan sampai kuota pengunjung per harinya.

Jadi sebelum datang, sebaiknya cek media sosial tiap museum atau galeri seni yang ingin didatangi.


Saat datang, ketahui etika berkunjung ke museum atau galeri seni. Mirip seperti datang ke perpustakaan, sebaiknya jangan berisik sehingga tak mengganggu pengunjung lain yang juga tengah menikmati karya seni.

Jangan membawa makanan dan minuman yang dikhawatirkan bakal mengotori ruangan atau karya seni. Jangan menyentuh atau berada terlalu dekat karya seni yang sudah diberi tanda peringatan khusus. 

Tanyakan kepada penjaga apakah boleh berfoto di depan karya seni, karena ada beberapa karya seni yang tak boleh didokumentasikan demi kepentingan hak cipta.

Saat mengunggah foto di media sosial, jangan lupa mencantumkan nama sang seniman yang karyanya kita dokumentasikan, sehingga museum atau galeri seni tak sekadar menjadi studio foto yang Instagramable.

Berikut tujuh museum dan galeri seni kekinian di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi:

1. Galeri Seni Hadiprana

Galeri Seni Hadiprana ialah galeri seni tertua yang ada di Indonesia. Dimiliki oleh seniman Hendra Hadiprana, galeri ini sudah dibuka sejak tahun 1961.

Galeri seni yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, ini memajang banyak karya seni berkualitas tinggi, tidak ketinggalan milik para seniman muda.

Di sana juga sering diadakan kelas seni untuk anak dan dewasa.

Alamat Galeri Seni Hadiprana bisa dilihat di sini 

2. Nadi Gallery

Ruangannya bernuansa serba putih, menghadirkan kesan minimalis dan modern. Galeri seni ini didirikan oleh kolektor benda seni rupa Biantoro Santoso sejak tahun 2000.

Beberapa karya seni seniman Indonesia yang dipajang di sini ialah milik Agus Suwage, Handiwirman Saputra, dan Jumaldi Alfi.

Alamat Nadi Gallery di sini 

 

[Gambas:Instagram]



3. RUCI Art Space

Banyak yang mengira kalau tempat ini ialah kafe dan venue konser musik. Padahal aslinya, tempat ini ialah galeri seni yang mengusung tema kontemporer.

Selain lukisan, ada banyak medium berkesenian lain yang dipajang di sini, mulai dari foto sampai patung.

Tak hanya kafe yang menyajikan menu kekinian, terdapat juga butik di galeri seni ini.

Alamat RUCI Art Space bisa dilihat di sini 

[Gambas:Instagram]



7 Museum dan Galeri Seni Kekinian di Jakarta

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK