Kenali Cara Mengukur Porsi Makan pada Penderita Diabetes

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 08:15 WIB
Pola makan yang tepat menjadi kunci mengelola diabetes. Berikut cara menghitung porsi makan pada penderita diabetes. Ilustrasi. Pola makan yang tepat menjadi kunci mengelola diabetes. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Untuk menjaga kadar gula darah, orang dengan diabetes perlu mengontrol pola makannya dengan tepat. Berikut cara menghitung posi makanan untuk penderita diabetes.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah komplikasi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pola makan yang sehat dan seimbang adalah kunci penting untuk mengelola diabetes. Asupan yang tepat dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula tubuh dan menekan risiko komplikasi pada orang dengan diabetes.


Namun, pada dasarnya tak ada metode diet khusus yang bisa mengelola diabetes. Pasalnya, tubuh setiap orang akan saling berbeda satu sama lain, dengan kebutuhan yang juga saling berbeda.

Kendati demikian ada beberapa hal yang bisa diperhatikan oleh orang dengan diabetes terkait pola makan. Kementerian Kesehatan RI menyebutnya dengan aturan 3J, yang terdiri dari jumlah, jenis, dan jadwal makan.

Jadwal

Orang dengan diabetes disarankan untuk makan tiga kali dalam sehari, dengan 2-3 kali makanan selingan atau camilan di antara waktu makan utama.

Jenis

Jenis makanan utama yang dikonsumsi dapat disesuaikan dengan konsep piring makan model T, yang terdiri dari kelompok sayuran (mentimun, labu siam, tomat, wortel, bayam, dll); kelompok karbohidrat kompleks (nasi merah, gandum, jagung, singkong, dll); dan protein (ikan, telur, tempe, tahu, kacang-kacangan, dll).

Perhatikan cara pengolahan makan. Usahakan tidak menggunakan gula, garam, dan lemak berlebih.

Jumlah

Pada dasarnya, jumlah makanan yang dikonsumsi akan saling berbeda pada masing-masing orang. Jumlah akan ditentukan berdasarkan umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas. Artinya, jumlah makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan hasil konseling gizi.

Namun, pada umumnya orang dengan diabetes disarankan untuk membagi porsi makanan dalam satu piring. Berikut cara umum menghitung porsi makan penderita diabetes:

- bagi piring menjadi dua bagian.
- isi 1/2 piring dengan sayuran seperti mentimun, labu siam, tomat, wortel, bayam, dll
- isi 1/4 piring dengan protein seperti telur, daging rendah lemak, ikan, tempe, tahu, kacang, dll
- isi 1/4 piring dengan karbohidrat seperti nasi merah, gandum, jagung, singkong, dll

Simak beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pola makan orang dengan diabetes di halaman berikutnya.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Pola Makan Diabetes

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK