7 Sebab Tubuh Sering Kedinginan Tanpa Alasan

tim | CNN Indonesia
Jumat, 21 Mei 2021 19:16 WIB
Wajar rasanya jika Anda merasa kedinginan di tengah salju atau saat musim hujan tiba. Tapi ada saatnya tubuh kedinginan di saat suhu hangat. Apa alasannya? Wajar rasanya jika Anda merasa kedinginan di tengah salju atau saat musim hujan tiba. Tapi ada saatnya tubuh kedinginan di saat suhu hangat. Apa alasannya? (Thinkstock/rene sedney)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wajar rasanya jika Anda merasa kedinginan di tengah salju atau saat musim hujan tiba.

Namun di masa-masa tertentu, ada kalanya Anda merasa kedinginan meski tak di musim-musim tersebut atau di dalam ruangan ber-AC. Jika Anda merasakan hal ini, Anda harus curiga bahwa tubuh ingin menyampaikan sesuatu.

Mulai dari sirkulasi darah buruk, hipotiroidisme, anemia serta deret hal lain bisa memicu rasa kedinginan tubuh bahkan sampai menggigil.

1. Sirkulasi darah buruk

Deena Adimoolam-Gupta, ahli endokrinologi yang berbasis di New York City, mengatakan saat sirkulasi darah buruk, aliran darah berkurang. Jika ini terjadi, bagian tertentu tubuh akan memperoleh lebih sedikit darah seperti tangan dan kaki sehingga akan terasa dingin.

Sirkulasi darah buruk bisa berkaitan dengan masalah pembuluh darah. Melansir WebMD, kelainan pembuluh darah bisa menghambat aliran darah. Sejumlah masalah pembuluh darah antara lain, gangguan pembekuan darah, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), penyakit Raynaud (kejang penyempitan arteri ke jari tangan dan kaki).

2. Hipotiroidisme

Meski berukuran mini, kelenjar tiroid memainkan peranan penting buat tubuh dengan mengatur metabolisme dan hormon yang mengontrol fungsi tubuh.

Saat rasa dingin pada tubuh cenderung konsisten, bisa jadi Anda mengalami hipotiroidisme atau kondisi tiroid tidak memproduksi cukup hormon.

"Kadar hormon tiroid rendah bisa mengakibatkan suhu tubuh menurun, yang mana membuat orang merasa kedinginan," kata Adimoolam-Gupta mengutip dari Livestrong.

Selain kedinginan, hipotiroidisme memiliki gejala seperti, tubuh lemas, kenaikan berat badan, konstipasi, kulit kering, penipisan rambut, mood menurun, menstruasi tidak teratur dan otot terasa sakit.

3. Anemia

Anemia terjadi akibat tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah untuk mengangkut oksigen. Ada beberapa penyebab anemia termasuk kekurangan zat besi dan penyakit darah yang merusak sel darah merah dengan cepat.

Kenapa anemia berhubungan dengan kedinginan? Adimoolam-Gupta menjelaskan saat jumlah sel darah merah sangat rendah, volume darah yang beredar di tubuh berkurang sehingga bisa membuat seseorang kedinginan.

Anda patut curiga jika terkena anemia terlebih ditambah gejala lain seperti, tubuh lemas, lemah, kulit pucat, napas pendek, kepala pening, dada sakit dan sakit kepala.

7 Sebab Tubuh Sering Kedinginan Tanpa Alasan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER