Cegah Kasus Mematikan, Kini Naik Kapal Pesiar Wajib Vaksin

CNN Indonesia | Selasa, 25/05/2021 11:50 WIB
Tiga operator kapal pesiar akan kembali memulai pelayaran dari Amerika Serikat ke Alaska mulai Juli 2021. Seluruh penumpang wajib vaksin. Kapal pesiar Royal Caribbean. (AFP/JOE RAEDLE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga raksasa industri pelayaran akan kembali melaut dalam beberapa minggu ke depan, dengan Norwegian Cruise Lines pada hari Senin (24/5) menjadi yang terbaru dengan mengumumkan rute pelayaran Amerika Serikat (AS) akan kembali dibuka mulai awal Agustus.

Setelah setahun mengalami kerugian, Carnival dan Royal Caribbean mengatakan pada akhir pekan lalu bahwa rute kapal pesiar pascapandemi pertama mereka akan berlayar pada Juli, setelah Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) awal bulan ini memberi lampu hijau untuk memungkinkan perjalanan dengan penumpang dan kru yang telah menerima vaksinasi Covid-19.

"Kami telah menunggu lama sekali untuk mengumumkan dimulainya kembali pelayaran dari AS. Kami sangat bangga bisa berlayar untuk pertama kalinya setelah lebih dari setahun, dari pangkalan kami yang istimewa di Seattle ke negara bagian Alaska yang menakjubkan," Harry Sommer, kepala Norwegian Cruise Line, mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti yang dikutip dari AFP.


Operasi kapal pesiar ditangguhkan pada 14 Maret 2020, ketika CDC mengeluarkan "perintah dilarang berlayar" untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari virus Corona. Beberapa kapal pesiar telah mengalami kasus penularan yang mematikan dalam pelayarannya.

Sejumlah kapal pesiar telah beroperasi lagi di Eropa dan tempat lain sejak tahun lalu, tetapi larangan beroperasi tetap berlaku di AS.

Ketiga perusahaan kapal pesiar tersebut akan menawarkan perjalanan dari Seattle ke Alaska sebagai rute pesiar perdana mereka.

Norwegian mengatakan "semua awak dan penumpang harus divaksinasi penuh untuk bisa naik kapal."

Carnival mengatakan perjalanannya dibuka bagi para tamu yang telah menerima dosis vaksin terakhir setidaknya dua minggu sebelum keberangkatan.

Demikian pula Royal Caribbean yang mewajibkan vaksinasi untuk semua penumpang yang berusia di atas 16 tahun ke atas, dan setelah 1 Agustus bagi semua yang berusia 12 tahun ke atas.

Norwegian mulai melakukan pelayaran selama seminggunya pada 6 Agustus, sementara Royal Caribbean dengan perjalanan serupa akan meninggalkan pelabuhan lebih awal, yakni pada 19 Juli, dan Holland American Line dari Carnival akan memulai pelayaran mereka pada 24 Juli.

"Ini merupakan tahun yang sulit bagi semua orang, tetapi orang-orang jelas memiliki keinginan yang mendalam untuk berlayar lagi, dan kami tidak sabar untuk kembali melakukan pekerjaan terbaik kami," kata Kepala Eksekutif Royal Caribbean Richard D. Fain dalam pernyataannya pekan lalu.

Disney Cruise Lines pada awal Mei mengumumkan semua perjalanan kapal pesiar dibatalkan hingga akhir Juli, tetapi pada Senin masih menolak memberikan rincian kepada AFP mengenai kelanjutan operasional mereka.

(AFP/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK