HARI LINGKUNGAN HIDUP

Cara Mudah Cinta Lingkungan Hidup Dimulai dari Dapur

tim, CNN Indonesia | Minggu, 06/06/2021 00:50 WIB
Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Anda juga bisa ikut berkontribusi menciptakan bumi yang lebih sehat. Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Anda juga bisa ikut berkontribusi menciptakan bumi yang lebih sehat. (iStockphoto/Cimmerian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menerapkan gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living bisa dilakukan di mana saja. Anda bahkan bisa memulainya dari dapur.

Salah satu cara membuat lingkungan lebih baik bisa dimulai dari sudut rumah satu ini. Dapur biasanya menyumbang banyak limbah makanan rumah tangga. Baik itu kemasannya, atau makanan sisa yang tak muat lagi di perut Anda hingga akhirnya terbuang.

Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebaiknya Anda juga ikut berkontribusi menciptakan bumi yang lebih sehat. Berikut beberapa langkahnya.


- Efisiensi kulkas
Menurut Science Daily, kulkas melepaskan clorofluorocarbon(CFC), zat yang bisa merusak lapisan ozon dan membuat bumi makin panas. Satu kulkas yang rusak bisa melepaskan lebih dari 100 gram CFC ke lingkungan.

Efisiensi kulkas termasuk tidak sering buka-tutup kulkas untuk hal yang tidak diperlukan. Membuka kulkas terlalu sering juga berisiko membuat kulkas semakin cepat rusak karena ada perbedaan udara di dalam dan luar kulkas.

- Menghabiskan bahan di kulkas

Belanja bulanan terkadang membuat siapa pun kalap. Membeli banyak bahan makanan untuk persediaan memang baik, tapi jika tidak digunakan maka bahan makanan tersebut hanya akan jadi limbah di tempat sampah.

Ketahui apa yang ada di lemari es Anda, dan gunakan sebelum tanggal kadaluarsa. Langkah ini juga bisa menghemat pengeluaran bulanan.

- Menghemat energi memasak

Memasak dalam jumlah banyak, menggunakan microwave, oven, dan kompor listrik bisa sangat menguras energi.

Salah satu kunci hidup ramah lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan energi, termasuk energi listrik. Dapur Anda mungkin berkontribusi besar pada tagihan listrik di rumah.

Coba untuk bijak mengelola penggunaan listrik di dapur.

Cara Cintai Lingkungan Hidup

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK