4 Jenis Roti yang Bagus untuk Diet

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 12 Jun 2021 06:32 WIB
Tak semua jenis roti baik untuk diet. Pilihlah roti yang kaya nutrisi. Berikut jenis roti yang bagus untuk diet. Tak semua jenis roti baik untuk diet. Pilihlah roti yang kaya nutrisi. Berikut jenis roti yang bagus untuk diet.(Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Roti merupakan makanan yang sering dikonsumsi saat diet. Namun, tak semua roti baik di makan jika ingin menurunkan berat badan. Terdapat sejumlah jenis roti yang bagus untuk diet.

Kebanyakan roti hanya terbuat dari tepung dan mengandung glukosa yang tinggi sehingga dapat menghambat diet. Sedangkan roti yang baik untuk diet mengandung nutrisi yang menyehatkan seperti serat, vitamin dan mineral.

Bagi Anda yang tengah menjalani program diet, simak ulasan berikut agar dapat mengetahui jenis roti apa yang bagus untuk dikonsumsi. Berikut jenis roti yang bagus untuk diet.


1. Roti gandum bertunas (sprouted whole grain)

Ingredients for healthy home made sandwiches. Rye bread, spinach, young kale, cucumber, radish sprouts. Healthy eating concept. Flat layRoti gandum bertunas merupakan salah satu jenis roti yang bagus untuk diet. (Foto ilustrasi: iStockphoto/barol16)

Roti gandum bertunas memiliki kandungan folat tiga kali lebih banyak dari roti putih. Roti jenis ini juga mengandung vitamin yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Studi mendapati roti gandum bertunas juga meningkatkan antioksidan dan menekan naiknya gula darah.

Roti gandum bertunas tinggi serat serta protein. Roti ini juga lebih mengenyangkan ketimbang roti putih biasa. Dikutip dari Healthline, berikut kandungan gizi dalam sepotong roti gandum bertunas:

  • Kalori: 80
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 3 gram

2. Roti sourdough

Directly above view of fresh sourdough bread on cutting board. Close-up of butter and knife on marble counter. It is made of wheat and rye.Roti Sourdough merupakan salah satu jenis roti yang bagus untuk diet. (Foto: iStockphoto/alvarez)

Roti sourdough merupakan roti yang dibuat dari proses fermentasi ragi gandum utuh dan tepung putih. Proses ini membuat roti sourdough memiliki ciri khas rasa yang agak asam. Rasa asam berasal dari probiotik, bakteri baik dan sehat yang juga ditemukan di dalam tubuh tubuh.

Rasa asam juga didapatkan dari prebiotik yaitu serat yang tidak dapat dicerna sekaligus makanan bagi probiotik. Mengonsumsi roti sourdough dapat meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga baik untuk diet.

Dalam satu potong roti sourdough terdapat kandungan gizi dan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 120 gram
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 20 gram
  • Serat: 3 gram

3. Roti gandum utuh (whole grain/whole wheat bread)

Healthy food: wholegrain and seeds sliced bread shot on rustic wooden table. Predominant color is brown. High resolution 42Mp studio digital capture taken with Sony A7rII and Sony FE 90mm f2.8 macro G OSS lensRoti gandum untuk merupakan jenis roti yang baik untuk diet. (Foto: iStockphoto/fcafotodigital)

Roti dengan bahan dasar gandum utuh memiliki ciri berwarna kecoklatan dengan tekstur roti yang agak kasar dan memiliki lubang alami. Roti gandum utuh lebih sehat karena mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral.

Roti gandum utuh memiliki tiga lapisan yakni bran (kulit), endosperma (tengah), dan germ (kuman). Semua lapisan ini memiliki nutrisi penting. Pada roti putih bagian bran dan germ dibuang sehingga nutrisi penting yang terkandung di dalamnya hilang.

Roti gandum utuh juga punya lebih banyak serat dibanding roti putih. Kandungan nutrisi yang terdapat pada roti gandum utuh adalah protein, antioksidan, vitamin (B,E,K) dan mineral (kalsium, fosfor, zinc).

Konsumsi roti gandum utuh juga dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi risiko diabetes tipe 2, mengurangi risiko obesitas, mencegah penyakit kanker, dan mencegah penyakit jantung.

Dalam satu potong roti gandum terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 110 gram
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 23 gram
  • Serat: 4 gram

Saat membeli roti gandum cermati bagian label. Pasalnya, roti gandum utuh tidak menambahkan bahan lain seperti minyak sayur, tepung gandum, dan gula.

4. Roti bebas gluten

A woman hand picks up a Gluten Free loaf of bread.Roti bebas gluten termasuk salah satu jenis roti yang bagus untuk diet. (Foto: iStockphoto/chameleonseye_

Gluten merupakan salah jenis protein yang terdapat pada biji-bijian, seperti gandum. Gluten dalam roti atau makanan lain membuat tekstur makanan menjadi lebih kenyal, elastis, dan mengembang.

Makanan bebas gluten awalnya ditujukan bagi orang yang menderita sakit Celiac, kondisi medis saat tubuh tidak dapat mencerna gluten. Tak hanya untuk Celiac, kini roti bebas gluten diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sepotong roti bebas gluten mengandung kandungan gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 90 gram
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 5 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Serat: 5 gram

Itulah jenis roti yang bagus untuk diet. Anda dapat memasukkan roti ini dalam asupan harian untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Perhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi agar diet tercapai.

(imb/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER