Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga

tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 05:30 WIB
Sebelum berolahraga, terdapat makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat membuat latihan Anda kurang efisien. Ilustrasi. Sebelum berolahraga, terdapat makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat membuat latihan Anda kurang efisien. (morgueFile/jzlomek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memberi asupan pada tubuh sebelum dan sesudah berolahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, terutama dalam dalam hal membangun lebih banyak otot dan meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

Kendati demikian, jika Anda tidak berhati-hati dengan jenis makanan yang Anda makan sebelum berolahraga, itu bisa membuat latihan Anda kurang efisien.

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari makanan apa yang paling buruk untuk dimakan sebelum berolahraga, sehingga Anda tidak untuk membuat kesalahan.


"Hal terburuk untuk dimakan adalah makanan yang digoreng," kata Amy Goodson, ahli diet dan penulis The Sports Nutrition Playbook, seperti dikutip Eat This, Not That!

"Ini mungkin membuat Anda merasa berat dan terbebani sebelum berolahraga."

Lebih lanjut, Goodson memaparkan bahwa jenis makanan yang dimakan memang memiliki efek besar pada tingkat energi sepanjang hari, juga faktor penting jika mencoba kerja keras dalam sesi olahraga.

Satu studi dalam jurnal Sleep menunjukkan bahwa tingkat kantuk dan kewaspadaan Anda di siang hari dapat dipengaruhi oleh pola makan yang buruk-terutama yang mengandung makanan tinggi lemak.

Plus, penelitian menunjukkan bahwa makan gorengan dapat meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular utama, dengan risiko penyakit jantung dan gagal jantung yang lebih tinggi.

Sebaliknya, Goodson merekomendasikan bahwa untuk pra-olahraga, yang baik adalah memiliki karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak beberapa jam sebelum pergi ke gym atau lapangan.

"Anda perlu menjaga makanan ini relatif rendah lemak karena asupan lemak yang tinggi dapat menyebabkan gangguan perut dan pencernaan atau lebih selama latihan," katanya.

Lalu apa makanan sebelum olahraga yang baik, dan kapan Anda harus memakannya?

"Jika Anda makan dua hingga tiga jam sebelum berolahraga, semangkuk nasi merah, ayam, dan sayuran adalah pilihan yang bagus," ujar Goodson.

"Atau sandwich dengan protein dan keju tanpa lemak yang dipasangkan dengan salad dan buah-buahan."

Namun, jika Anda baru saja makan dan hanya mencari camilan kecil sebelum berolahraga, pilih beberapa camilan kecil yang akan membantu memberi Anda karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak akan membantu memicu tubuh Anda untuk mengeluarkan keringat.

"Jika Anda makan beberapa jam yang lalu dan hanya perlu camilan sebelum berolahraga, cobalah granola gandum utuh dan keju string, protein bar dengan karbohidrat dan protein, atau sepotong roti gandum dengan sedikit selai kacang," kata Goodson.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK