Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Orang Dewasa?

CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 09:53 WIB
Tingkat kadar kolesterol normal berbeda-beda pada setiap orang. Berikut kadar kolesterol normal orang dewasa. Ilustrasi. Tingkat kadar kolesterol normal berbeda-beda pada setiap orang. Berikut kadar kolesterol normal orang dewasa. (iStockphoto/AaronAmat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tingkat kadar kolesterol normal berbeda-beda pada setiap orang. Berikut kadar kolesterol normal orang dewasa.

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang menyerupai lilin. Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk bisa berfungsi dengan baik. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kolesterol jahat dikenal juga dengan low-density lipoproteins (LDL). Kadar LDL yang tinggi dapat menumpuk di dinding arteri dan membentuk plak.


Untuk itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal.

Lalu, berapa kadar kolesterol normal orang dewasa?

Sebagaimana dilansir Medical News Today, total kadar kolesterol normal orang dewasa adalah kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL).

Kolesterol yang berkisar di antara 200 dan 239 mg/dL masuk ke dalam batas tinggi, sedangkan tingkat kolesterol di atas 240 mg/dL terbilang dalam kategori tinggi.

Pada orang dewasa, LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat harus kurang dari 100 mg/dL. Namun, kolesterol jahat sebanyak 100-129 mg/dL masih terbilang normal bagi orang dewasa yang tidak memiliki masalah kesehatan apapun.

Kadar kolesterol jahat di antara 130-159 mg/dL merupakan batas tinggi dan 160-189 mg/dL masuk ke dalam kategori tinggi. Lebih lanjut, LDL yang berada di angka 190 mg/dL atau lebih dianggap sangat tinggi.

Sementara itu, semakin tinggi HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik, makaakan  semakin baik. Kolesterol baik kurang dari 40 mg/dL harus diwaspadai karena merupakan risiko terbesar terjadinya penyakit jantung.

Sedangkan, HDL yang berada di angka kisaran 41-59 mg/dL berada di batas tinggi. Kadar optimal kolesterol normal untuk tingkat HDL pada orang dewasa adalah 60 mg/dL atau lebih.

The American Heart Association merekomendasikan pemeriksaan kadar kolesterol setiap 4 hingga 6 tahun sekali bagi orang dewasa sehat berusia di atas 20 tahun.

Lakukan pemeriksaan lebih sering jika Anda memiliki riwayat serangan jantung usia muda atau turunan dari keluarga.

Karena kolesterol tinggi tak memperlihatkan tanda apa pun pada tahap awal, penting bagi Anda untuk membuat pilihan gaya hidup yang baik. Konsumsi makanan sehat, pertahankan rutinitas olahraga, dan pantau kadar kolesterol secara berkala.

(agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK