Yang Dilakukan Saat Pelecehan Seksual Terjadi di Depan Mata

tim, CNN Indonesia | Kamis, 10/06/2021 17:29 WIB
Jika Anda melihat pelecehan seksual terjadi di depan Anda, jangan panik. Anda bisa membantu korban agar intervensi pelecehan sehingga tidak terjadi. Jika Anda melihat pelecehan seksual terjadi di depan Anda, jangan panik. Anda bisa membantu korban agar intervensi pelecehan sehingga tidak terjadi. ( Istockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja. Bukan cuma di tempat sepi, tertutup, tapi juga di ruang publik sekali pun.

Tak ada yang ingin jadi korban pelecehan seksual. Apalagi tanpa ada yang membantu. Bahkan terkadang sekalipun ada saksi mata, tak banyak orang yang berani membantu korban.

Tapi jika Anda melihat pelecehan seksual terjadi di depan Anda, jangan panik. Anda bisa membantu korban agar intervensi pelecehan sehingga tidak terjadi.


Intervensi pelecehan atau by stander intervention adalah strategi sosial yang dilakukan untuk mencegah atau menghentikan kekerasan melalui keterlibatan individu maupun kelompok. Tindakan ini bisa dilakukan siapa pun ketika melihat pelecehan seksual.

Menurut Co Director organisasi nirlaba untuk cegah pelecehan seksual, Hollaback! Indonesia, Anindya Vivi ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pelecehan seksual terjadi di depan Anda dan membantu korban.

- Direct (langsung)

Anda mungkin ingin merespons secara langsung pelecehan seksual saat itu juga. Anda bisa langsung mengatakan bahwa tindakan tersebut termasuk pelecehan, bahwa dia tidak boleh begitu.

"Sebisa mungkin untuk berusaha berkata jelas dan singkat. Tidak terlibat dalam perdebatan, atau pertengkaran karena bisa berisiko," kata Vivi.

Direct mungkin cara paling berisiko untuk menghentikan pelecehan seksual.Apalagi jika Anda berada di tempat asing tanpa kenal siapa pun. Intinya adalah menilai situasi yang aman untuk Anda dan korban.

- Distract (distraksi)

Sesuai namanya, distraksi artinya mengalihkan perhatian pelaku dari apa yang ia lakukan.

Distraksi adalah metode yang lebih halus untuk menginterupsi kejadian yang sedang terjadi. Idenya adalah untuk mengabaikan pelaku dan fokus pada korban.
Anda bisa pura-pura mengenal korban, berpura-pura tersesat, menanyakan waktu atau tempat, atau menghalangi korban dan pelaku secara fisik jika memungkinkan.

Yang Dilakukan Saat Pelecehan Seksual Terjadi di Depan Mata

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK