11 Khasiat Gula Jawa untuk Kesehatan

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 14:18 WIB
Selama ini gula Jawa atau gula merah hanya dianggap sebagai sekadar pemanis makanan atau minuman padahal juga berkhasiat untuk kesehatan. Selama ini gula Jawa atau gula merah hanya dianggap sebagai sekadar pemanis makanan atau minuman padahal juga berkhasiat untuk kesehatan.( Istockphoto/Getty Images/zulfikarilyas)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama ini gula Jawa atau gula merah hanya dianggap sebagai sekadar pemanis makanan atau minuman.

Namun tahukah Anda kalau ternyata gula Jawa juga punya khasiat kesehatan?

Gula jawa adalah gula yang dihasilkan dengan pengolahan secara tradisional dari cairan pohon aren (gula aren).


Gula yang dihasilkan tidak murni. Warnanya kuning tua hingga kecoklatan dan selalu ada rasa sampingan yang sering berbau harum dan terasa enak, sehingga gula jawa dalam pengobatan lebih disukai daripada gula kristal pabrik yang lebih murni.

Mengutip buku Petunjuk dan Saran Pengobatan Tradisional Tanaman Berkhasiat Indonesia dari J. Kloppenburgh-Versteegh, dibanding pemanis lainnya, gula jawa tergolong sehat untuk dikonsumsi dan bermanfaat. Gula jawa yang bermanfaat memiliki kandungan vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi di dalamnya.

Selain itu, ada pula kandungan sejumlah zat filonutrien seperti polifenol, flavonoid, antosianin serta antioksidan. Zat-zat filonutrien tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menambah energi pada tubuh, serta menangkal zat kanker.

Berikut khasiat gula Jawa:

1. Atasi ngompol pada anak
Anak yang baru berusia satu hingga lima tahun dapat diberi obat berupa ramuan yang terbuat dari tujuh biji duwet yang dihancurkan dengan sedikit gula jawa dan direbus dalam dua cangkir air sampai airnya tersisa setengah. Ramuan ini cukup ampuh untuk mengatasi ngompol.

2. Mengobati bisul
Untuk 'mematangkan' bisul, oleskan racikan kembang telang biru yang ditumbuk dan tambahkan gula jawa pada area yang sakit.

11 Khasiat Gula Jawa untuk Kesehatan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK