Body Shaming, Ucapan yang Bikin Percaya Diri Luntur

CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 18:15 WIB
Body shaming merupakan komentar negatif yang ditujukan pada penampilan fisik orang lain. Ilustrasi. Body shaming merupakan komentar negatif yang ditujukan pada penampilan fisik orang lain. (Istockphoto/SIphotography)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah bahagia atas kelahiran si buah hati, aktris Audi Marisa harus menelan pahit komentar netizen. Lewat unggahan Instagram Story, pesinetron ini mengaku mendapatkan beberapa pesan bernuansa body shaming.

Pada 7 April 2021, Audi melahirkan anak pertamanya. Perubahan pada tubuh pascamelahirkan mengundang komentar netizen. Tak cuma komentar-komentar miring, ia pun dibuat kesal karena komentar ini datang dari sesama perempuan.

Body shaming sendiri merupakan kritik atau komentar negatif yang ditujukan pada penampilan fisik orang lain. Meski kadang berbalut candaan, komentar ini bisa memojokkan, membuat orang lain tidak nyaman, bahkan melunturkan rasa percaya diri.


"Body shaming itu dapat memojokkan perempuan dengan isu ketubuhan yang dimilikinya dan membuat mereka malu dengan tubuhnya," kata psikolog anak, remaja, dan keluarga, Roslina Verauli, dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.

Ada standar-standar tak tertulis mengenai tubuh yang ideal sehingga secara tidak langsung beberapa orang berusaha mengikuti standar tersebut. Life and wellness coach, Alice E Schluger mengatakan, perjuangan untuk memenuhi standar ideal menciptakan perasaan negatif tentang harga dan kepercayaan diri.

"Secara tidak langsung, ini pula yang mengarahkan orang untuk menilai diri dan orang lain, lalu bermanifestasi jadi body shaming," tulis Schluger, dalam laman Psychology Today.

Siapa yang Bisa Mengalami Body Shaming?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK