6 Destinasi Menyelam Ramah Anak di Dunia

CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 08:20 WIB
Tak semua perairan aman sebagai lokasi snorkeling atau diving bagi anak-anak. Pastikan melakukannya dengan orang berpengalaman atau pemandu wisata. Terumbu karang di Pulau Hoga, Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olahraga menyelam tidak hanya digandrungi oleh orang dewasa saja, tapi juga oleh anak kecil. Banyak anak-anak yang didaftarkan orangtuanya untuk mengikuti les snorkeling hingga diving.

Bahkan, anak berumur 10 tahun saja sudah bisa mendapatkan sertifikat menyelam sebagai Junior Open Water Divers.

Destinasi menyelam banyak ditemui. Namun, sebaiknya menyelam untuk anak-anak harus lebih diperhatikan. Tak semua perairan bisa aman untuk anak-anak.


Berikut daftar tempat-tempat menyelam yang ramah anak di dunia:

1. Wakatobi Dive Resort, Indonesia

Menyelam di Wakatobi Dive Resort bisa lebih tenang karena jauh dari pusat keramaian kota. Wakatobi Dive Resort berada di Wakatobi, Sulawesi Utara, Indonesia.

Destinasi selam yang satu ini dikenal dengan keindahannya. Terumbu karangnya juga masih sehat, sehingga memancarkan warna yang cerah. Beragam hewan laut yang pasti disukai anak-anak juga bisa ditemukan di sana.

Selain indah, keamanannya juga terjaga. Pasalnya dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam akan selalu ada petugas yang bisa membantu ketika anak-anak mengalami masalah saat menyelam.

Contoh masalah yang kerap terjadi saat menyelam yaitu kram dan tubuh tidak seimbang.

2. Vertigo, Yap

Merupakan salah satu pulau di Mikronesia, Vertigo adalah surga hiu yang sering dicari penyelam. Selain hiu, di sana juga banyak ditemui ikan warna-warni.

Kawasan menyelam ini terletak di dekat kepulauan Carolina di Samudera Pasifik bagian Barat. Vertigo aman dari angin yang kencang dan sangat aman untuk menyelam.

Air di Vertigo juga sangat jernih jarak pandangnya bisa sangat luas. Selain itu, penyelam juga bisa dengan mudah melihat hewan laut hilir mudik.

Karena kejernihan airnya plus kedalaman airnya yang tidak terlalu tinggi, Vertigo bisa dibilang aman untuk penyelam muda (junior).

3. 1000 Steps, Bonaire

Bonaire terletak tepat di utara Venezuela di selatan Karibia. Pulau ini telah melindungi sumber daya lautnya selama lebih dari 35 tahun. Karena itu, kehidupan lautnya berlimpah dengan lebih dari 470 spesies ikan yang ditemukan.

Bonaire terkenal sebagai salah satu tujuan menyelam yang terbaik di Karibia.

Selain kawanan ikan, penyelam juga bisa melihat gugusan terumbu karang yang menakjubkan dan bangkai kapal.

Lokasi menyelam di pulau ini terlindung dari arus laut manapun, sehingga aman untuk penyelam anak-anak.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

6 Destinasi Menyelam Ramah Anak di Dunia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK