7 Tanda Patah Hati Jadi Masalah Serius

tim, CNN Indonesia | Kamis, 01/07/2021 22:00 WIB
Hati-hati, masalah patah hati bisa lebih serius dari yang Anda bayangkan. Berikut tanda-tandanya. Hati-hati, masalah patah hati bisa lebih serius dari yang Anda bayangkan. Berikut tanda-tandanya. (iStockphoto/Antonio Guillem)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hubungan yang sudah terjalin lama, harus berakhir karena satu dan lain hal. Perpisahan bukan hal yang mudah. Sedih, marah, kecewa, rindu campur aduk jadi satu dalam periode patah hati.

Konselor kesehatan mental, Brennan C. Mallonee, berkata bentuk patah hati pada tiap orang berbeda. Sebab, patah hati adalah bentuk kesedihan.

Sementara konselor Erin Parisi mengatakan rasa kehilangan seseorang yang dikasihi sekaligus kehilangan impian di masa depan bisa menimbulkan rasa sakit baik psikis maupun fisik.


"Banyak gejala patah hati tumpang tindih dengan gangguan, khususnya depresi. Dan buat orang yang sudah ada episode depresi atau jelang depresi, patah hati bisa memicu depresi," kata Parisi, seperti dikutip Bustle.

Hati-hati, masalah patah hati bisa lebih serius dari yang Anda bayangkan. Berikut tanda-tandanya.

1. Tidak bisa tanpa dia

Cukup masuk akal jika Anda teringat mantan saat tidak sengaja lagu rekomendasinya lewat di media sosial. Namun jadi tidak wajar saat apa-apa dikaitkan dengan mantan hingga Anda merasa Anda tidak bisa apa-apa tanpanya. Mallonee berkata saatnya Anda ambil tindakan.

"Demikian pula jika Anda mulai merasa seperti Anda tidak berharga atau tidak dicintai setelah putus cinta, itu menunjukkan patah hati Anda pindah ke wilayah yang paling baik dinavigasi dengan bantuan profesional," ujarnya.

2. Memilih menyendiri

Sebagian orang memilih menyibukkan diri dengan pekerjaan atau memperbanyak bersosialisasi dengan teman agar lupa akan kesedihan. Namun di sisi lain, ada pula orang yang memilih menyendiri karena tidak ada yang bisa memahami situasi.

Mengisolasi diri dari pergaulan jelas bukan pilihan sehat. Anda tetap memerlukan teman dan sahabat untuk memberikan dukungan.

"Jika teman Anda muak mendengarkannya dan Anda merasa buntu, inilah saatnya untuk mencari bantuan profesional," kata Parisi.

3. Hasrat untuk bekerja hilang

Anda tahu tanpa bekerja tidak akan uang jatuh dari langit dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun saat kondisi patah hati membuat Anda mati rasa saat bekerja, Anda sekadar jadi robot bernyawa, ini saatnya untuk ambil tindakan.

"Ketika seseorang mengalami patah hati, rasa sakitnya bisa begitu hebat hingga rasanya tak tertahankan dan bisa mewarnai seluruh hidup Anda," ujar Teresa Solomita, pekerja sosial klinis.

Simak tanda lain patah hati bisa jadi masalah serius di halaman berikut. 

Kebutuhan personal terabaikan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK