Kapan Waktu yang Tepat Konsumsi Vitamin C?

tim | CNN Indonesia
Kamis, 01 Jul 2021 07:45 WIB
Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Lalu, kapan waktu yang tepat konsumsi vitamin C? Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Lalu, kapan waktu yang tepat konsumsi vitamin C? (iStockphoto/NatchaS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Apalagi selama pandemi, daya tahan tubuh menjadi salah satu 'benteng' untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19.

Lalu, kapan waktu yang tepat konsumsi vitamin C?

Vitamin C bekerja sebagai antioksidan, mengurangi radikal bebas, anti-inflamasi, dan membantu kerja sistem imun dalam memerangi penyakit.


Ada beberapa bentuk suplemen vitamin C, termasuk asam askorbat, asam askorbat dengan bioflavonoid, vitamin C liposom, dan kalsium askorbat.

Sebagaimana dilansir Healthline, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C kapan saja, asal sesuai dan tidak melebihi dosis harian yang dianjurkan. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air sehingga tidak perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Kendati demikian, mengonsumsi asam askorbat dengan makanan dapat membantu mengurangi potensi efek samping gastrointestinal yang disebabkan oleh keasamannya yang tinggi.

Pastikan untuk menyimpan suplemen vitamin C di tempat yang sejuk dan gelap, karena nutrisi ini sensitif terhadap panas dan cahaya.

Institute of Medicine mengeluarkan rekomendasi jumlah takaran asupan nutrisi dari makanan atau suplemen. Berikut asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

- Anak- anak (1-3 tahun): 15 miligram
- Anak-anak (4-8 tahun): 25 miligram
- Remaja (9-13 tahun): 45 miligram
- Remaja akhir (14-18 tahun) 65-75 miligram
- Perempuan dewasa (19 tahun ke atas): 75 miligram
- Laki-laki dewasa (19 tahun ke atas): 90 miligram
- Ibu hamil: 85 miligram
- Ibu menyusui: 120 miligram

Sementara, orang dewasa yang mengonsumsi vitamin C lebih dari 2000 miligram per hari berisiko mengalami efek samping.

"Pemberian vitamin C lebih dari 2.000 miligram per hari dapat mengakibatkan intoksikasi [keracunan] vitamin C. Konsumsi berlebihan dapat mengakibatkan efek samping seperti mual, nyeri ulu hati, hingga diare," kata Sharifah Shakinah, dokter spesialis penyakit dalam yang juga Staf Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi FKUI-RSCM, saat dihubungi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Setelah mengetahui waktu yang tepat konsumsi vitamin C, berikut batas tertinggi asupan vitamin C harian berdasarkan usia, seperti dilansir Medical News Today.

- 400 miligram untuk usia 1-3 tahun
- 650 miligram untuk usia 4-8 tahun
- 1.200 miligram untuk usia 9-13 tahun
- 1.800 miligram untuk usia 14-18 tahun
- 2.000 miligram untuk usia 19 tahun ke atas

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER