Barcelona Punya Penjaga Pantai Khusus Wisatawan Difabel

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 14:50 WIB
Pantai Nova Icaria di Barcelona punya penjaga pantai yang khusus melayani wisatawan difabel sehingga mereka bisa dengan mudah menikmati ombak. Wisatawan difabel dipandu oleh tim penjaga pantai khusus untuk menikmati Pantai Nova Icaria, Barcelona, Spanyol. (REUTERS/NACHO DOCE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Max Segui yang berusia tujuh tahun tersenyum lebar saat ayahnya membawanya menikmati ombak laut di tepi Pantai Nova Icaria, Barcelona, Spanyol.

Segui hidup dengan kelumpuhan otak dan menggunakan kursi roda, membuat perjalanan ke pantai menjadi sulit, tetapi hari itu dia menggunakan layanan khusus yang dijalankan oleh balai kota Barcelona yang telah membantu ribuan wisatawan difabel.

Layanan itu termasuk kursi amfibi, ruang ganti yang dirancang khusus lengkap dengan derek pengangkat, dan sembilan penjaga pantai yang terlatih khusus untuk membantu wisatawan difabel mengakses dan menikmati ombak.


"Saya bisa berenang dan bermain. Penyandang difabel bisa dengan nyaman berwisata di sini," kata Segui.

Karena pembatasan COVID-19, wisatawan difabel harus melakukan pemesanan awal terlebih dahulu untuk menggunakan layanan ini, tetapi mereka tampaknya tidak keberatan.

"Ini sangat membantu kami karena jika tidak, saya tidak akan bisa berenang sendiri," kata Nati Gines (58) yang menggunakan kaki palsu di darat dan masuk ke air dengan kursi amfibi, setelah itu dia mulai menikmati gulungan ombak.

"Dengan cara ini mereka membuatnya sangat mudah bagi kita ... mereka sangat ramah dan sangat penuh perhatian."

Bagi tim, membantu wisatawan difabel untuk menikmati percikan air yang menyegarkan di laut sangat bermanfaat.

"Kami sangat puas melihat raut kebahagiaan ketika mereka masuk ke laut. Itu membuat semuanya berharga," kata Gisela Ocampos (36), koordinator tim.

Luis Ferrer (74) bisa berjalan dengan tongkat, tetapi membutuhkan bantuan di dalam air.

"Saya ingin merasa bahwa saya dapat melakukan hal-hal yang tidak pernah saya pikir dapat saya lakukan dan saya merasa jauh lebih baik untuk ini. Saya hanya dapat berbicara tentang keajaiban orang-orang yang membantu kami," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(REUTERS/ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK