5 Cara Mudah Olah Jagung Manis yang Nikmat

tim, CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 09:42 WIB
Jagung manis dapat diolah menjadi berbagai makanan termasuk camilan. Berikut 5 cara mudah olah jagung manis yang nikmat. Jagung manis dapat diolah menjadi berbagai makanan termasuk camilan. Berikut 5 cara mudah olah jagung manis yang nikmat.(Foto: iStockphoto/Ildar Imashev)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain nasi, jagung manis juga merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Jagung manis juga diperkaya dengan vitamin, dan mineral.

Studi menunjukkan sekitar 164 gram jagung manis mengandung 177 kalori, 41 gram karbohidrat, 5,4 gram protein, 2,1 gram lemak, 4,6 serat.

Varian jagung manis ini juga mengandung vitamin C (17 persen dari kebutuhan harian), vitamin B1 (24 persen dari kebutuhan harian), vitamin B9 (19 persen dari kebutuhan harian), magnesium (11 persen dari kebutuhan harian) dan potasium (10 persen dari kebutuhan harian).


Anda dapat mengolah jagung manis dengan sejumlah cara mudah dan sederhana. Tanpa menambahkan banyak bumbu, rasa manis alami pada jagung manis dapat membuat lidah bergoyang.

Berikut 5 cara mudah olah jagung manis:

1. Kukus

Teknik rebus membuat jagung manis mengandung lebih banyak air. Anda bisa mencoba teknik kukus sehingga jagung bakal mengandung sedikit air dan mempertahankan tekstur yang renyah.

Cukup siapkan panci kukusan yang memiliki wadah berlubang-lubang kecil. Letakkan jagung yang sudah dikupas pada wadah, lalu tutup setelah air mendidih. Proses ini hanya memerlukan waktu 3-5 menit. Setelah matang, jagung bisa langsung dikonsumsi atau diberi bumbu berupa mentega, garam, merica atau bubuk cabai.

Melansir Taste of Home, mengukus jagung merupakan cara yang sehat karena proses ini menjaga nutrisi jagung lebih baik daripada merebus.

2. Bakar (grill)

Jagung manis juga bisa dibakar. Proses grilling bisa dilakukan dengan menyertakan kulit jagung atau dikupas bersih terlebih dahulu. Melansir The Spruce Eats, jika dikupas jagung sebaiknya diberi lapisan mentega cair untuk memberikan rasa gurih.

Bakar jagung dalam api sedang dan bolak-balik selama kurang lebih 15 menit hingga matang merata. Tak perlu khawatir dengan bagian jagung yang agak gosong karena akan memberikan sensasi 'smoky'.

Simak cara mudah olah jagung manis yang nikmat di halaman berikutnya.

5 Cara Mudah Olah Jagung Manis yang Nikmat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK