Kata Psikolog Soal Kompromi Punya Anak dalam Pernikahan

tim | CNN Indonesia
Selasa, 27 Jul 2021 21:20 WIB
Punya anak adalah keputusan bersama antara suami-istri. Kembali lagi pada tujuan perkawinan, apa yang dicari dari pasangan, semua perlu direfleksikan kembali. Punya anak adalah keputusan bersama antara suami-istri. Kembali lagi pada tujuan perkawinan, apa yang dicari dari pasangan, semua perlu direfleksikan kembali. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Bicara soal dampak, Kantiana berharap opini seorang figur publik soal punya anak berdasarkan keputusan pasangannya itu bisa memicu ajakan atau gerakan untuk kesetaraan yang lebih besar.

Di sisi lain, dukungan akan nilai-nilai kesetaraan gender memang perlu ditanamkan sejak dini.

Tak usah muluk-muluk bicara anak dan pernikahan, tugas-tugas domestik seperti bersih-bersih dan memasak saja kerap dipandang sebagai tugas perempuan. Padahal ini life skill atau kemampuan yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Kantiana berkata untuk menanamkan nilai-nilai buat anak dilakukan dengan orang tua memberikan contoh dan melibatkan anak dalam tugas pekerjaan rumah.

Saat menyiapkan makan siang, misal, ada pembagian tugas dan anak diminta memotong bahan masakan atau merapikan meja makan. Tak peduli anak perempuan atau laki-laki, mereka perlu diajak terlibat.

"Tak masalah anak cowok beresin meja bantu masak. Saat mereka besar, mungkin sekolah di luar negeri kan tetep harus masak, cuci baju. Anak perempuan, pas papanya utak-atik motor diajak, kemudian ganti ban. Dia akan tahu kalau misal ada masalah saat nanti berkendara, tahu yang perlu dilakukan," jelasnya.

Dia menambahkan anak-anak usia SD ke bawah sangat memerlukan contoh dari orang tua atau guru saat di sekolah. Mereka masih belajar practical things, konkret dan bisa dipelajari atau dipraktikkan langsung.

Meminta mereka melakukan sesuatu atau sekadar menyuruh tidak akan efektif. "Anak level perkembangannya masih belum ke sana, mereka belajar mau dari mana?" imbuhnya.

(els/agn)
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER