Menakar Pentingnya Asupan Vitamin Buat Tubuh

tim, CNN Indonesia | Minggu, 01/08/2021 07:45 WIB
Ahli gizi memaparkan tentang pentingnya asupan vitamin untuk tubuh. Apa saja? Ahli gizi memaparkan tentang pentingnya asupan vitamin untuk tubuh. Apa saja? (iStock/carlosgaw)
Jakarta, CNN Indonesia --

Akhir-akhir ini vitamin jadi sorotan. Perhatian masyarakat akan kesehatan meningkat semenjak pandemi Covid-19 merebak.

Selain cuci tangan, penggunaan masker dan jaga jarak, banyak orang memburu vitamin demi penguatan sistem imun.

Namun sebenarnya apa itu vitamin?


"Vitamin adalah salah satu zat gizi mikro. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit (mikro), vitamin memiliki peran penting untuk tubuh kita," jelas Irtya Qiyamulail, ahli gizi sekaligus Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Approved Educator, melalui surat elektronik kepada CNNIndonesia.com, Jumat (30/7).

Vitamin, lanjutnya, menjalankan fungsinya mulai dari tingkat sel sampai organ antara lain, mengoptimalkan sistem imunitas tubuh, regulasi hormon, juga menjaga kesehatan organ tubuh (kulit, rambut dan mata).

Terdapat 13 vitamin yang diperlukan tubuh. Vitamin ini dibagi dalam dua kelompok yakni vitamin larut air dan vitamin larut lemak.

Vitamin larut air, ini merupakan vitamin yang diproses bersama air. Jenis vitamin yang masuk kelompok ini adalah vitamin C dan vitamin B (vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12).

Vitamin larut lemak, terdiri dari vitamin yang diproses bersama lemak yakni, vitamin A, D, E dan K.

Irtya berkata semua jenis vitamin ini diperlukan tubuh dan memiliki kebutuhan berbeda dari segi jumlah. Namun tetap harus dipenuhi untuk menunjang kesehatan dan kualitas hidup.

Kemudian jika seseorang kekurangan vitamin, terjadi kondisi yang disebut avitaminosis. Avitaminosis merupakan kekurangan atau defisiensi vitamin tertentu. Dampaknya sendiri akan berbeda dari jenis vitamin yang tidak terpenuhi kebutuhannya.

"Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan penglihatan, kekurangan vitamin B dan D dapat berdampak pada tubuh yang mudah lelah dan terasa lemas sepanjang waktu, kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan detak jantung jadi tidak beraturan (aritmia) dan demensia," imbuhnya.

Vitamin memang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun sejatinya, kebutuhan nutrisi harian akan vitamin cukup rendah dan bisa didapat dari konsumsi makanan sehari-hari.

Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mendapatkan asupan vitamin secara alami

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK