Pengamat: Tak Cuma Instagramable, Destinasi pun Perlu Inovasi

CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 09:50 WIB
Bali kerap menang dalam ajang destinasi terbaik sedunia. Tapi tempat Peselancar di salah satu pantai di Bali. (AP/Firdia Lisnawati)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bali meraih peringkat teratas dalam daftar 'Destinasi Terpopuler di Dunia' versi situs ulasan tempat wisata TripAdvisor 2021. Prestasi Pulau Dewata yang terpilih berdasarkan ulasan terbaik pengguna situs tersebut berhasil menyaingi kota dan negara wisata populer lainnya di dunia, seperti London, New York sampai Peru.

Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman, Drs. Chusmeru, M.Si, mengatakan kalau Bali ialah contoh sukses pengembangan destinasi wisata di sebuah negara. Tak hanya pesona alamnya saja, Bali juga dinilai baik dalam menggabungkan kehidupan tradisional dan modern yang memikat wisatawan, terutama dari luar negeri.

Keunikan Bali juga ditambah dengan kemudahan akses, keragaman atraksi dan kelengkapan amenitasnya - yang sering disingkat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf) sebagai 3A (Akses, Atraksi dan Amenitas).


Tak sulit jika ingin wisata pantai ke gunung, begitu juga tak sulit jika ingin mencari tempat makan atau tempat belanja. Semua bisa dilakukan, asal ada waktu dan dana.

Bukan hanya Instagramable

Chusmeru lanjut mengatakan kalau Bali sebenarnya bukan satu-satunya destinasi yang bisa diunggulkan di Indonesia dalam ajang dunia. Ada banyak destinasi lain yang sebenarnya tak kalah cantik dari Pulau Dewata, hanya saja belum "dipoles".

"Salah satu kendala kunjungan turis ke destinasi selain Bali ialah soal 3A tadi. Khususnya kendala dalam hal akses, sehingga wisatawan berpikir kalau menjangkau objek wisata di destinasi itu akan memakan waktu panjang dan sangat melelahkan, sehingga mereka akan kembali wisata ke destinasi yang selengkap Bali," kata Chusmeru saat diwawancara oleh CNNIndonesia.com pada Senin (2/8).

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

Pengamat: Tak Cuma Instagramable, Destinasi pun Perlu Inovasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK