Rumus GEMBIRA Kak Seto Tetap Bugar dan Awet Muda di Usia 70

tim | CNN Indonesia
Jumat, 03 Sep 2021 14:29 WIB
Seto Mulyadi atau Kak Seto lincah berjoget di ulang tahun yang ke-70. Berikut rumus GEMBIRA Kak Seto tetap bugar dan awet muda di usia 70. Seto Mulyadi atau Kak Seto lincah berjoget di ulang tahun yang ke-70. Berikut rumus GEMBIRA Kak Seto tetap bugar dan awet muda di usia 70.(Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto baru saja merayakan ulang tahun ke-70 pada 28 Agustus lalu. Dalam salah satu kesempatan, Kak Seto merayakan ulang tahunnya dengan berjoget.

Aksi Kak Seto ini lantas menjadi trending di media sosial. Netizen kagum pada Kak Seto yang sudah masuk kepala tujuh tapi masih bisa energik berjoget. Ibarat kata, Kak Seto yang sudah punya cucu itu, masih dipanggil 'Kak' sementara netizen yang merasa dirinya masih kepala dua sudah dipanggil 'Pak' atau 'Bu'.

Sebenarnya, apa rahasia tubuh tetap bugar dan awet muda Kak Seto?


Kak Seto mengaku kondisi tubuh yang prima di usia 70 tahun dicapai dengan rumus GEMBIRA.

"Intinya, dari dulu saya selalu jaga kesehatan, pola hidup sehat. Prinsip saya selalu GEMBIRA. Itu sebuah singkatan," ujar Kak Seto pada CNNIndonesia.com saat dihubungi Kamis (2/9).

Berikut uraian ringkas rumus GEMBIRA ala Kak Seto:

G - Gerak

Kak Seto membiasakan diri untuk tidak mager alias malas gerak. Biasanya, dia berolahraga mulai dari jogging 3-4 kilometer, push up 80 kali, salto dan aktivitas fisik lain.

"Saat pandemi, alhamdulillah saya punya taman cukup luas. Ya bisa lari, salto, koprol, jadi saya betul-betul berkeringat, basah kuyup. Pagi, habis webinar, masih pakai baju batik pun saya olahraga," katanya bersemangat.

E - Emosi Cerdas

E merupakan mengungkapkan atau mengekspresikan emosi dengan cerdas. Dia memberikan contoh misalnya marah karena anak mendadak tidak bisa diajak diskusi karena ada kegiatan lain. Kak Seto marah, tetapi ini ia ungkapkan secara langsung tanpa meledak-ledak.

"Sering itu ada laporan kekerasan terhadap anak, dari seluruh Indonesia, lepaskan saja dengan menyanyi. Lagu daerah Tapanuli 'Butet', nyanyi saja, lepas begitu. Untuk keseimbangan batin bisa dengan melukis, puisi, cipta lagu," katanya.

M - Makan

Konsumsi makanan sehat bernutrisi tinggi. Kak Seto merupakan seorang vegan. Namun ini tidak serta merta menghalanginya untuk memenuhi kebutuhan gizi secara seimbang.

Simak rumus GEMBIRA Kak Seto tetap bugar dan awet muda di usia 70 tahun pada halaman berikut.

Rumus GEMBIRA Kak Seto Tetap Bugar dan Awet Muda di Usia 70

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER