10 Cara Menjaga Kesehatan Mata

CNN Indonesia | Kamis, 09/09/2021 15:02 WIB
Menjaga mata tetap sehat adalah penting untuk menjalani aktivitas harian. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata. Ilustrasi. Beberapa cara menjaga kesehatan mata bisa membuatnya terhindar dari penyakit. (Istockphoto/GMint)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mata merupakan indera penglihatan yang berfungsi penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Oleh karenanya, menjaga mata supaya tetap sehat sangat diperlukan. Sebab, semakin bertambahnya usia, semakin berbagai fungsi tubuh mengalami penurunan, termasuk mata.

Cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan sedari dini. Seperti mengonsumsi makanan bernutrisi atau menghindari kegiatan yang berpotensi merusak mata.


Cara Menjaga Kesehatan Mata

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mata tetap sehat.

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, zinc, menjadi cara tepat memelihara kesehatan mata, menurut American Academy of Ophthalmology.

Kebaikan nutrisi tersebut dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari, seperti pada buah beri, buah sitrus, bayam, brokoli, wortel, kacang, ikan tuna, salmon, telur, dan lainnya.

2. Gunakan kacamata hitam

Asian smiling beautiful women blogger wear a wide hat and wear sunglasses isolated in blue color background with copy space.Concept of Travel business with Promotion and Sale.Menggunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan jadi salah satu cara menjaga kesehatan mata. (iStockphoto/bunditinay)

Gunakan kacamata hitam saat harus berkegiatan di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Kacamata hitam melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Hal ini bisa jadi tips untuk menjaga kesehatan mata.

Selain terhindari dari sinar UV, memakai kacamata dapat menghalau debu supaya tidak masuk ke dalam mata.

3. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya berpengaruh pada kesehatan paru dan jantung, melainkan juga mata. Merokok dapat meningkatkan risiko katarak serta degenerasi makula.

Karena itu, menghindari atau menghentikan kebiasaan merokok sangat diperlukan, khususnya bagi kelompok perokok aktif.

4. Bersihkan bagian mata setelah memakai makeup

Cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah dengan rajin membersihkan sisa makeup atau riasan yang diaplikasikan pada bagian mata.

Gunakan cairan dengan formula khusus yang aman untuk mata, sehingga tidak membuat iritasi.

5. Tidak terlalu lama memakai kontak lensa

Tidak terlalu lama memakai lensa kontak juga menjadi cara mencegah penyakit mata. Lensa kota bisa menimbulkan iritasi.

Apabila kondisi mata baik-baik saja, sebaiknya hindari penggunaan kontak lensa yang justru berisiko memicu iritasi atau alergi.

Tapi, jika Anda harus memakai kontak lensa, pastikan tangan dalam kondisi steril dan jangan gunakan terlalu lama atau sampai terbawa tidur.

6. Tidak terlalu lama menggunakan gawai

Portrait of an upset woman reading a text message on her phone at night at homeCara menjaga kesehatan mata lainnya adalah menghindari menatap layar gawai terlalu lama, apalagi di tempat gelap. (Istockphoto/ Dragana991)

Terlalu lama menatap layar gawai bisa membuat mata lelah, yang umumnya ditandai dengan rasa perih, kering, gatal, berair, atau penglihatan kabur.

Selain itu, beberapa bagian tubuh biasanya ikut merasakan kebas pada tangan, bahu disertai nyeri leher, punggung, atau kepala.

7. Istirahatkan mata

Jika Anda lebih banyak melakukan aktivitas pekerjaan di depan gawai, jangan lupa untuk memberi waktu istirahat pada mata minimal 15 menit atau maksimal 2 jam.

Terapkan metode 20:20, mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

8. Periksa mata secara teratur

Melakukan pemeriksaan teratur ke dokter mata dapat dilakukan dari usia anak-anak sampai lansia. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat medis tertentu atau penyakit penyerta.

Idealnya, kontrol ke dokter mata dilakukan sekali dalam setahun, baik bagi anak-anak ataupun dewasa.

9. Kontrol berat badan

Diabetes dan obesitas termasuk jenis penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan atau gangguan penglihatan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengontrol berat badan tetap normal dengan berolahraga. Batasi juga asupan tinggi kalori yang berisiko meningkatkan gula darah.

10. Hindari membaca di tempat gelap

Hindari kebiasaan membaca di tempat gelap atau ruangan dengan intensitas cahaya yang redup. Kebiasaan itu bisa merusak mata.

Alih-alih demikian, membaca di ruang terbuka dengan cahaya cukup bisa jadi pilihan cara menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk memberi jarak pandang antara mata dan objek yang dibaca dan tidak membaca sambil berbaring.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK