Mengenal Arti Plakat Biru di Tembok Apartemen Putri Diana

CNN Indonesia
Jumat, 01 Oct 2021 10:50 WIB
Apartemen Putri Diana di London, dianugerahi plakat biru dari pemerintah Inggris, yang menandakan kalau bangunan tersebut tempat bersejarah. Apartemen Putri Diana di London, Inggris, dianugerahi plakat biru dari pemerintah, yang menandakan kalau bangunan tersebut tempat bersejarah. (REUTERS/BERESFORD HODGE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apartemen di London, Inggris, tempat Diana Spencer tinggal sebelum dia menjadi Putri Wales telah dianugerahi plakat biru, penghargaan dari pemerintah Inggris yang menandakan kalau bangunan itu merupakan tempat bersejarah.

Plakat itu dipasang di gedung Coleherne Court di Old Brompton Street, Kensington, pada 29 September 2021, setelah lama diusulkan oleh Majelis London.

"Diana memiliki tempat yang sangat istimewa di hati warga London, dan kami senang melihat plakat birunya secara resmi ditempatkan di rumahnya sebagai pengingat sosoknya," kata Andrew Boff, ketua Majelis London, dalam upacara peresmian, seperti yang dikutip dari CNN pada Kamis (30/9).


Plakat itu berbunyi: "Lady Diana Spencer, kemudian Princess of Wales, tinggal di sini 1979-1981."

Dua tahun yang dihabiskan Diana di Flat 60, Coleherne Court, adalah tahun-tahun formatif.

Dia membeli apartemen itu dengan uang warisan dari nenek buyutnya. Harganya £50 ribu (sekitar Rp962 juta).

Diana pindah ke London pada usia 18 dan bekerja sebagai pengasuh dan di taman kanak-kanak.

Dia mulai berkencan dengan Pangeran Charles, pewaris takhta Inggris, pada tahun 1980 dan mereka bertunangan setahun kemudian.

Ketika penghuninya mulai terkenal, Coleherne Court dikepung oleh fotografer yang berharap untuk mengambil foto sang calon putri.

Setelah Diana bertunangan dengan Pangeran Charles, ibunya menjual apartemen itu.

Hunian itu masih merupakan tempat tinggal pribadi hingga sekarang.

"Lady Diana Spencer, yang kemudian menjadi Putri Wales, adalah salah satu tokoh paling ikonik dalam sejarah Inggris modern," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh English Heritage, sebuah badan amal yang mengelola lebih dari 400 bangunan, monumen, dan situs bersejarah Inggris.

"Pernikahannya yang bermasalah dengan Pangeran Charles kemudian menjadi subjek liputan pers yang mengganggu, tetapi dia mendapatkan reputasi baik di luar kehidupan pribadinya dalam hal amal dan proyek kemanusiaannya."

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...



Mengenal Arti Plakat Biru di Tembok Apartemen Putri Diana

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER