MYTH VS FACT

Madu Asli Tidak Akan Berubah Warna, Mitos atau Fakta?

tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 20:18 WIB
Madu asli disebut tidak akan berubah warna, benarkah? Berikut fakta di balik mitos keaslian madu, termasuk anggapan madu asli tidak berubah warna. Madu asli disebut tidak akan berubah warna, benarkah? Berikut fakta di balik mitos keaslian madu, termasuk anggapan madu asli tidak berubah warna. (iStockphoto/Zdenka_Simekova)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa mitos keaslian madu masih menjadi pertanyaan sehingga membuat sebagian masyarakat kesulitan untuk memilih madu yang sesuai. Berikut fakta di balik mitos keaslian madu, termasuk anggapan terkait madu asli tidak berubah warna.

Perbedaan kandungan dan manfaat dari madu asli dan madu palsu dapat berdampak pada kesehatan.

Madu palsu bisa menyebabkan berbagai penyakit yang membahayakan tubuh seperti diabetes dan kencing manis.


Hanya saja, menentukan keaslian madu kadang memerlukan ketelitian mengingat banyaknya varian madu di pasaran.

Berikut fakta di balik empat mitos mengenai keaslian madu yang banyak beredar di masyarakat.

1. Mitos 1: Madu yang mengkristal tanda madu palsu

Kristalisasi madu sering salah diartikan masyarakat sebagai pemalsuan madu. Padahal, kristalisasi atau penggumpalan madu merupakan hal lumrah yang terjadi secara alami dan spontan pada madu.

Menurut ahli gizi sekaligus Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Approved Educator, Irtya Qiyamulail, proses kristalisasi yang terjadi pada madu bergantung juga pada rasio fruktosa dan glukosa.

"Semakin tinggi kandungan fruktosa yang ada dalam madu (yang biasanya konsistensi madu tidak kental) maka kemungkinan kecil madu tersebut akan mengalami proses kristalisasi, bergitupun sebaliknya," katanya.



2. Mitos: Madu asli tak akan berubah warna

Perubahan warna pada madu adalah hal yang biasa. Hal tersebut disebabkan adanya reaksi Maillard atau reaksi pencokelatan non enzimatis yang justru bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam madu.

Seperti diketahui, antioksidan bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas yang bisa memicu serangan jantung, kanker, katarak, dan menurunnya fungsi ginjal.

"Dengan begitu bisa dipastikan bahwa mitos mengenai madu asli tidak akan berubah warna adalah salah," kata Dewi Masyithoh, Owner & Komisaris Kembang Joyo Group, dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com.

Irtya juga mengatakan bahwa warna madu tidak berpengaruh pada keaslian madu.

"Warna pada madu dipengaruhi oleh viskositas dan kadar airnya. Warna madu tidak berpengaruh pada keaslian madu, tetapi terhadap mutu madu tersebut. Warna dan rasa madu dipengaruhi oleh umur simpan dan sumber nektar," katanya dalam keterangan terpisah.

Simak fakta di balik mitos keaslian madu lainnya di halaman berikut.

Madu asli tak akan berubah warna?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK