7 Makanan Pencegah Osteoporosis

tim | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 19:00 WIB
Tak ada yang mau terken osteoporosis. Oleh karenanya, tak ada salahnya untuk makan makanan mencegah osteoporosis. Tak ada yang mau terken osteoporosis. Oleh karenanya, tak ada salahnya untuk makan makanan mencegah osteoporosis. ( iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Melihat para lansia yang memiliki keterbatasan mobilitas akibat osteoporosis, tentu hal ini tidak ingin terjadi pada Anda. Ada berbagai makanan makanan mencegah osteoporosis. 

Osteoporosis atau lebih dikenal dengan sebutan tulang keropos merupakan kondisi pengurangan kepadatan tulang. Karena tidak bergejala, seorang dengan osteoporosis bisa tiba-tiba mengalami patah tulang akibat tulang yang rapuh.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis adalah dengan diet yang tepat dan seimbang. Apa saja makanan mencegah osteoporosis?


1. Produk susu

Tulang yang sehat dan kuat memerlukan pasokan kalsium yang cukup. Anda bisa memperoleh asupan kalsium dari susu maupun aneka produk turunannya seperti keju, yogurt maupun es krim susu.

Dokter spesialis penyakit dalam-konsultan reumatologi, Bagus Putu Putra Suryana mengatakan setiap hari orang perlu memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1.000 miligram. Sedangkan pada lansia memerlukan 1.200 miligram per hari.

Dalam riset yang dirilis Institute for Quality and Efficiency in Healthcare, dalam segelas susu (200 milliliter), Anda bisa memperoleh asupan 240 miligram kalsium. Tambahkan sumber-sumber kalsium lain dari produk susu berbeda agar kebutuhan kalsium terpenuhi.

2. Kacang-kacangan

Camilan bukan sesuatu yang harus dihindari. Justru dengan pilihan camilan yang tepat, Anda bisa melengkapi kebutuhan nutrisi di samping makan besar atau makan utama. Kenapa tidak memasukkan kacang-kacangan jadi camilan harian?

Melansir dari Medicine Net, kacang-kacangan merupakan sumber fosfor. Fosfor sendiri berfungsi mendukung pembentukan tulang dan jaringan lain selama pertumbuhan. Di samping kacang-kacangan, sumber fosfor yang baik antara lain, produk susu, daging, sereal, telur dan ikan.

makanan mencegah osteoporosis

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER