HARI DOKTER NASIONAL

Kata Dokter Soal Syarat Pandemi Berubah Jadi Endemi

tim | CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 15:00 WIB
Sampai saat ini, pandemi Covid-19 masih terjadi, namun beberapa negara sudah berusaha untuk berdamai dengan Covid-19. Ada syarat pandemi berubah jadi endemi. Sampai saat ini, pandemi Covid-19 masih terjadi, namun beberapa negara sudah berusaha untuk berdamai dengan Covid-19. Ada syarat pandemi berubah jadi endemi. (iStockphoto/oonal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sampai saat ini, pandemi Covid-19 masih terjadi, namun beberapa negara sudah berusaha untuk berdamai dengan Covid-19. 

Banyak pihak yang memprediksi, pandemi ini akan berubah menjadi epidemi di 2022 mendatang. Hal sama juga diungkap oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M. Faqih, kata dia bisa saja pandemi ini berubah menjadi epidemi di 2022 seperti prediksi banyak orang.

"Tahun depan harapannya jadi endemi, saya gak tahu apakah pertengahan Mei tahun depan atau kapan," kata Daeng dalam kegiatan Halo Talks Spesial Hari Dokter Nasional yang digelar secara daring, Jumat (22/10).


Meski demikian, menurut Daeng agar pandemi bisa berubah menjadi endemi memang ada beberapa syarat yang harus dilakukan. Hal ini tentu memerlukan kerja sama dari berbagai lapisan, mulai dari pemangku kebijakan, masyarakat hingga tenaga kesehatan.

Berikut tiga syarat yang harus dipenuhi agar pandemi berubah menjadi endemi kata Daeng:

1. Kasus penularan rendah

Kata Daeng, agar pandemi menjadi endemi hal pertama yang mesti dipenuhi adalah kasus positif Covid-19 yang melandai.

"Syarat utama endemi adalah penularan rendah dan itu signifikan, dalam arti tetap rendah tanpa ada peningkatan," kata dia.

2. Perketat protokol kesehatan

Protokol kesehatan telah diberlakukan sejak pandemi Covid-19 melanda. Misalnya rutin mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, hingga menutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk di tempat umum.

"Dan protokol ini harus diperketat lagi, bukan diperlonggar saat menuju endemi," katanya.

3. Penuhi vaksinasi

Vaksinasi harus gencar dilakukan dan menyasar semua orang di dunia. Bahkan kata Daeng, organisasi kesehatan dunia telah memerintahkan agar vaksinasi bisa mencapai 80 persen orang di dunia.

"Oleh karena itu kita harus dorong vaksinasi, kita harus dukung agar ini bisa semakin dipercepat," katanya.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER