Fokus Lindungi Taman Nasional, China Buat Sistem Satu Pintu

CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 13:08 WIB
China baru saja membuat Sistem Taman Nasional pertamanya, yang fokus pada pelestarian hewan asli negara itu, termasuk panda. Sanjiangyuan National Park, salah satu taman nasional di China yang masuk Sistem Taman Nasional terbaru. (iStockphoto/Marc Foggin)
Jakarta, CNN Indonesia --

China baru saja membuat Sistem Taman Nasional pertamanya, yang fokus pada pelestarian hewan asli negara itu, termasuk panda.

Secara keseluruhan, kawasan lindung dari taman mencakup total 230 ribu kilometer persegi, dari utara Tibet ke selatan pulau liburan Hainan.

China telah menjajaki pembentukan sistem kelembagaan untuk perlindungan ekosistem alam sejak negara itu mendirikan cagar alam pertamanya pada tahun 1956.


Sekarang, ada lebih dari 10 ribu dari cagar alam di negara ini, yang telah memainkan peran penting dalam melindungi keanekaragaman hayati.

Namun, pihak berwenang China mengakui bahwa ada masalah ketika mengelola cagar alam ini, yaitu koordinasi lintas departemen yang belum jelas pembagiannya.

Pembentukan Sistem Taman Nasional, yang mengatur semua situs alam di bawah satu payung, adalah solusinya.

Jadi, di mana taman-taman ini akan berada, dan seberapa mudah aksesnya bagi pengunjung?

Giant Panda National Park (Taman Nasional Panda Raksasa) termasuk di antara yang diumumkan minggu ini.

Menurut siaran pers resmi, taman ini "mencakup tiga provinsi China, yakni Sichuan, Shaanxi dan Gansu, dan melintasi pegunungan Minshan, Qionglai, Daxiangling dan Qinling." Wilayah ini adalah habitat alami panda, dan lebih dari 75 persen populasi satwa liar tinggal di sini.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...



Fokus Lindungi Taman Nasional, China Buat Sistem Satu Pintu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER