Cara Membuat Telur Dadar yang Enak dalam 5 Menit

Tim | CNN Indonesia
Minggu, 28 Nov 2021 19:08 WIB
Telur dadar jadi salah satu menu sarapan yang populer. Ikuti cara membuat telur dadar yang enak dalam lima menit berikut, agar sarapan terasa lebih nikmat. Ilustrasi. Ikuti cara membuat telur dadar enak dalam 5 menit agar sarapan lebih berkualitas. (iStockphoto/luissybuster)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telur dadar jadi salah satu menu sarapan yang praktis dan nikmat. Anda bisa mengikuti cara membuat telur dadar yang enak dalam lima menit berikut agar sarapan terasa lebih memuaskan.

Siapa saja pasti bisa membuat telur dadar. Namun, agar santapan semakin berkualitas, ada beberapa tips memasak telur dadar yang bisa Anda ikuti.

Untuk pertama-tama, Anda bisa menggunakan dua butir telur dadar. Jika teknik sudah berhasil dikuasai, Anda bisa mencoba tiga butir telur.


Cara Membuat Telur Dadar yang Enak

Beaten eggs and a hand whisk in a stainless steel bowl on a country kitcken table with a box of eggsIlustrasi. Memilih wajan yang tepat menjadi salah satu cara memasak telur dadar yang enak. (iStockphoto/al8er)

Melansir The Spruce Eats, salah satu kunci sukses membuat telur dadar adalah pemilihan wajan penggorengan yang tepat. Pilih wajan teflon antilengket dengan sisi yang agak miring.

Untuk dua butir telur, gunakan teflon berdiameter 20 cm. Sementara untuk tiga butir telur, gunakan teflon berdiameter 25 cm.

Jangan lupa, gunakan spatula berbahan karet yang tahan panas. Spatula ini tidak akan menggores lapisan antilengket.

Anda bisa membuat telur dadar polos atau tambahkan dengan isian apa pun sesuai selera seperti keju, sayuran, atau jamur. Perlu diketahui, telur dadar adalah cara terbaik untuk menggunakan sisa makanan.

Namun, jangan terlalu banyak memberikan isian telur. Terlalu banyak isian berisiko membuat telur pecah.

Berikut cara membuat telur dadar yang enak, dengan isian jamur dan keju.

Bahan:
2 butir telur
1 sdm mentega atau butter
2 sdm susu UHT
sedikit garam, sesuai selera
sedikit bubuk lada hitam atau putih, sesuai selera
2-3 jamur kancing, iris lalu tumis
keju parut secukupnya

Cara membuat:
1. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk. Kocok hingga warna berubah menjadi kuning pucat.
2. Masukkan susu ke dalam telur, serta bumbui dengan garam dan lada. Kocok hingga tercampur rata. Idealnya, kocok campuran selama 1 menit penuh. Cara ini dilakukan demi memasukkan udara sebanyak mungkin ke dalam campuran telur.
3. Panaskan wajan dengan api sedang-kecil. Masukkan mentega dan biarkan meleleh.
4. Tuangkan telur ke dalam wajan. Jangan diaduk, biarkan telur matang hingga 1 menit atau sampai bagian bawah mulai mengeras.

Simak cara membuat telur dadar yang enak selanjutnya di halaman berikutnya...

Cara Membuat Telur Dadar yang Enak dalam 5 Menit

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER