5 Cara Mengendalikan Diabetes pada Anak: Kontrol Gula Darah

tim | CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 20:55 WIB
Diabetes pada anak tak bisa disembuhkan tapi bisa dikelola agar tidak menyebabkan komplikasi. Berikut cara mengendalikan diabetes pada anak. Diabetes pada anak tak bisa disembuhkan tapi bisa dikelola agar tidak menyebabkan komplikasi. Berikut cara mengendalikan diabetes pada anak.(Foto: iStock/simon2579)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemeran film Danur 2 dan 3, Matthew White meninggal dunia di usia 12 tahun pada pada Minggu (23/1). Matthew diketahui mengidap penyakit diabetes.

Penyakit diabetes pada anak seperti yang dialami oleh Matthew tidak dapat disembuhkan. Namun, penyakit diabetes pada anak bisa dikelola dan dikontrol agar tidak menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Berikut cara mengendalikan diabetes pada anak:


1. Rutin gula darah

Kadar gula darah pada anak yang menderita diabetes harus dicek setiap hari. Mayo Clinic menyarankan untuk mengecek gula darah anak empat kali sehari yakni tiga kali sebelum makan dan sebelum tidur. Pengecekan yang lebih sering dibutuhkan pada kondisi tertentu.

Mengecek gula darah penting dilakukan agar kadar gula darah tetap berada pada kisaran yang normal atau yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jika terdapat perubahan kadar gula darah, seperti terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka orang tua dapat mengambil tindakan segera misalnya dengan memberikan obat-obatan atau memeriksakan ke dokter.

2. Pemberian insulin

Diabetes pada anak berarti anak tidak dapat memproduksi insulin untuk memproses glukosa. Oleh karena itu, salah satu cara mengendalikan diabetes pada anak adalah dengan pemberian insulin setiap hari. Terdapat sejumlah metode pemberian insulin pada anak. Konsultasikan dengan dokter cara dan dosis yang paling tepat untuk anak Anda.

3. Makanan yang sehat

Pola makan yang sehat juga penting untuk mengendalikan diabetes pada anak. Anak harus mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dan rendah lemak serta kalori.

Makanan yang dapat dikonsumsi diantaranya sayur dan puah, sumber protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh. Selain itu, konsultasikan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh anak Anda dengan dokter.

4. Aktivitas fisik

Olahraga dapat mengendalikan diabetes pada anak. Ajak anak untuk berolahraga 30-60 menit setiap hari. Selalu cek kadar gula darah pada anak setiap kali melakukan aktivitas fisik untuk mencegah perubahan yang drastis.

5. Beri pemahaman pada anak

Kementerian Kesehatan menyarankan agar setiap orang tua dan pengasuh memberikan pemahaman kepada anak tentang diabetes yang mereka miliki. Beri anak motivasi agar patuh untuk berobat dan mengendalikan diabetes. Berikan pula keterampilan penanganan diabetes pada anak.

Itulah cara mengendalikan diabetes pada anak.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER