7 Makanan untuk Kesehatan Hati, Jaga Liver dari Ancaman Penyakit

CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 07:45 WIB
Ada beberapa makanan untuk kesehatan hati atau liver. Makanan ini membantu melindungi organ liver dari ancaman penyakit, termasuk hepatitis akut. Ilustrasi. Jeruk Bali, salah satu makanan untuk kesehatan hati. (Raeky/Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Munculnya penyakit hepatitis akut misterius menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat. Penyakit satu ini menyerang organ hati atau liver, khususnya pada anak.

Agar terhindar dari ancaman hepatitis akut, Anda perlu memperhatikan asupan makanan. Ada beberapa makanan untuk kesehatan hati yang membantu organ liver tetap terjaga.

Hepatitis akut sendiri pertama kali ditemukan di sejumlah negara Eropa. Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan telah mendeteksi 15 kasus hepatitis misterius.


Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebabnya. Sejumlah ahli menduga Adenovirus berkontribusi dalam memicu penyakit misterius ini.

Meski penyebabnya belum diketahui, langkah pencegahan tetap menjadi yang utama. Selain menjaga kebersihan dan memastikan asupan yang dikonsumsi aman, Anda juga bisa memasukkan beberapa makanan sebagai langkah pencegahan untuk membuat hati tetap sehat.

Makanan untuk Kesehatan Hati

Asupan makanan akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, termasuk pada hati. Melansir Healthline, beberapa makanan untuk kesehatan hati berikut bisa dicoba.

1. Teh hijau

Sencha green Tea Leaves and Japanese Ceramic Tea CupsIlustrasi. Teh hijau, salah satu makanan untuk kesehatan hati. (iStockphoto/barol16)

Teh telah terbukti memiliki manfaat untuk liver. Sebuah penelitian di Jepang menemukan, minum teh hijau yang tinggi antioksidan dapat meningkatkan kadar enzim hari dan mengurangi stres oksidatif serta timbunan lemak di hati.

Penelitian lain menemukan konsumsi teh hijau menurunkan risiko kanker hati.

Meski demikian, orang yang memiliki masalah pada liver tetap harus berhati-hati sebelum mengonsumsi teh hijau sebagai suplemen. Beberapa laporan memperlihatkan adanya kerusakan hati akibat konsumsi suplemen yang mengandung ekstrak teh hijau. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi.

2. Jeruk Bali

Dua senyawa antioksidan pada jeruk Bali, naringenin dan naringin, secara alami dapat melindungi hati. Beberapa penelitian menemukan, keduanya mampu membantu melindungi hati dari ancaman cedera.

Selain itu, penelitian juga memperlihatkan bahwa antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko fibrosis hati. Nama terakhir merupakan kondisi penumpukan jaringan ikat berlebih di hati akibat peradangan kronis.

Simak makanan untuk kesehatan hati lainnya di halaman berikutnya..

Makanan untuk Kesehatan Hati, Jaga Liver dari Ancaman Penyakit

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER