Hepatitis Akut Diduga Menular Lewat Pernapasan

tim | CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 19:40 WIB
Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan ada kemungkinan penyakit ini menyebar melalui pernapasan dan pasien berisiko transplantasi hati. Foto: Pixabay/DarkoStojanovic

Pasien Hepatitis Akut Berisiko Transplantasi Hati

Syahril mengungkapkan tidak menutup kemungkinan pasien hepatitis akut di Indonesia akan mendapatkan transplantasi hati.

Transplantasi ini kemungkinan terjadi lantaran penyakit tersebut menyebabkan gagal hati pada pasien.

Syahril kemudian menyebut prosedur transplantasi hati sudah biasa dilakukan di Indonesia. Ia juga menyinggung prosedur transplantasi hati yang sudah dilakukan terhadap puluhan suspek hepatitis akut misterius di luar negeri seperti Inggris.


"Untuk transplantasi hati, di Indonesia sudah dilakukan yah untuk kasus hepatitis (tapi bukan akut) nah, ada kemungkinan kami juga akan melakukan transplantasi hati untuk hepatitis akut," ucapnya. 

"Saya mendengar pencerahan Prof Hanifah (dokter spesialis anak dari IDAI) bahwasannya di Indonesia sudah dilakukan transplantasi hati untuk kasus hepatitis dan kasus-kasus hebat. nah kita juga bisa lakukan transplntasi hati seperti sebelumnya untuk kasus ini."  

Transplantasi hati bukan perkara sederhana. Baik pendonor maupun resipien harus memenuhi syarat-syarat sehingga transplantasi bisa dilakukan. Untuk pendonor dipilih mereka yang memiliki ikatan darah dengan resipien dan memiliki golongan darah sama. Fungsi organ hati juga harus dalam keadaan normal.

Donor hati bukan berarti benar-benar kehilangan sebagian hati selamanya. Tak seperti donor ginjal yang notabene membuat pendonor tinggal memiliki satu ginjal, pendonor transplantasi hati masih bisa memiliki hati yang 'utuh'. Menurut Toar, organ hati pendonor tidak akan mengalami gangguan fungsi walau diambil sebagian.

Kementerian Kesehatan mencatat 18 kasus hepatitis akut dengan korban meninggal dunia sebanyak tujuh orang sejak 27 April lalu. Rata-rata korban meninggal dunia ini karena keterlambatan perawatan lantaran korban baru dibawa ke fasilitas kesehatan saat gejalanya sudah sangat memburuk.

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER