Tjahjo Kumolo Sempat Alami Infeksi Paru, Waspadai 8 Gejalanya

CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 14:00 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo disebut sempat mengalami infeksi paru-paru sebelum meninggal dunia. Kenali gejala infeksi paru-paru agar mendapatkan penanganan tepat. Ilustrasi. Ada beberapa gejala infeksi paru-paru yang perlu diwaspadai. (iStockphoto/utah778)
Jakarta, CNN Indonesia --

Infeksi paru-paru bisa dialami siapa saja. Kondisi ini pula yang disebut sempat dialami Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo sebelum meninggal dunia pada Jumat (1/7).

Infeksi paru-paru merupakan penyakit yang bisa disebabkan virus, bakteri, dan terkadang jamur. Melansir Healthline, salah satu jenis infeksi paru-paru yang paling umum adalah pneumonia.

Pneumonia yang mempengaruhi kantung udara kecil di paru-paru paling sering disebabkan oleh bakteri. Tapi dalam beberapa kasus, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh virus.

Seseorang bisa tertular saat menghirup bakteri atau virus yang berasal dari droplet orang yang terinfeksi, melalui batuk dan bersin.

Infeksi paru-paru seperti pneumonia biasanya ringan. Tapi, penyakit ini bisa jadi masalah serius, terutama bagi orang dengan daya tahan tubuh rendah atau orang dengan kondisi kronis seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Gejala Infeksi Paru-paru

Sebagaimana penyakit lainnya, infeksi paru-paru juga menimbulkan sejumlah tanda yang perlu diwaspadai. Berikut diantaranya.

1. Batuk disertai lendir kental

Batuk yang disertai lendir kental menjadi salah satu gejala infeksi paru-paru. Dalam beberapa kasus, lendir bisa mengandung darah. Lendir juga bisa berwarna putih, hijau, bahkan abu kekuningan.

2. Dada terasa sakit hingga tertusuk

Closeup shot of an unidentifiable businesswoman holding her chest in painIlustrasi. Nyeri dada menjadi salah satu gejala infeksi paru-paru yang perlu diwaspadai. (Istockphoto/PeopleImages)

Nyeri dada yang disebabkan oleh infeksi paru-paru digambarkan sebagai nyeri tajam dan menusuk. Nyeri dada bisa memburuk saat batuk atau bernapas.

Terkadang, rasa sakit yang tajam bisa dirasakan di punggung bagian tengah hingga atas.

3. Demam

Demam terjadi saat tubuh mencoba melawan infeksi. Demam juga bisa disertai dengan keringat, panas dingin, nyeri otot, dehidrasi, sakit kepala, dan lemah.

4. Badan terasa sakit

Otot dan punggung mungkin terasa sakit saat Anda mengalami infeksi paru-paru. Kondisi ini juga disebut myalgia.

5. Hidung meler

Hidung meler mirip flu lainnya disertai bersin sering menyertai infeksi paru-paru.

6. Sesak napas

Orang yang mengalami infeksi paru bisa mengalami sesak napas. Kondisi ini membuat penderita kesulitan dalam bernapas.

7. Kelelahan

Anda biasanya akan merasa lesu dan lelah saat tubuh melawan infeksi. Istirahat sangat penting selama waktu ini.

8. Mengi

Saat bernapas, Anda mungkin mendengar suara siulan bernada tinggi yang dikenal sebagai mengi. Mengi juga menjadi salah satu gejala infeksi paru-paru yang perlu diwaspadai.

Kondisi ini terjadi akibat saluran udara menyempit atau menandakan terjadinya peradangan.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER