Monas Kembali Buka, Ini Deretan Wisata yang Bisa Dikunjungi

pop | CNN Indonesia
Minggu, 03 Jul 2022 16:03 WIB
Tugu Monumen Nasional atau Monas resmi dibuka lagi untuk umum sejak Jumat pekan ini setelah ditutup karena Covid-19. Tugu Monumen Nasional atau Monas resmi dibuka lagi untuk umum sejak Jumat pekan ini setelah ditutup karena Covid-19. (Foto: CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Puncak tugu Monumen Nasional (Monas) telah resmi dibuka untuk wisata umum sejak Jumat (1/7) lalu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pukul 14.00 WIB, tugu Monas telah rramai dipadati warga. Warga tersebar di berbagai wilayah, mulai dari pelataran, cawan, hingga puncak.

Berikut berbagai wisata yang dapat dikunjungi warga:

Wisata Museum Sejarah Nasional

Museum Sejarah Nasional berisikan diorama tentang perjuangan bangsa Indonesia. Diketahui, luas ruangan Museum Sejarah Nasional ini sebesar 80 m x 80 m, yang melambangkan bulan kemerdekaan RI, yakni Bulan Agustus.

Wisata Pelataran Cawan

Dari Pelataran Cawan ini, pengunjung dapat melihat keindahan Taman Medan Merdeka. Pelataran Cawan ini yang melingkari badan Tugu Monas. Berbentuk segi empat, Pelataran Cawan ini memiliki ukuran 45 m x 45 m dan berada di ketinggian 17 m.

Wisata Pelataran Puncak

Pelataran Puncak Tugu Monas terletak pada ketinggian 115 m yang berukuran 11 m x 11 m. Pengunjung dapat menikmati panorama Ibukota Jakarta dari Pelataran Puncak ini.

Wisata Lidah Api Kemerdekaan

Lidah Api Kemerdekaan merupakan ikon yang berada di atap Pelataran Puncak Tugu Monas. Lidah Api Kemerdekaan terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton berbentuk kerucut setinggi 14 m yang dilapisi 50 kg emas murni. Ketinggian Tugu dari halaman Tugu hingga puncak Lidah Api adalah 132 m.

Wisata Air Mancur

Terdapat tuga buah air mancur yang berada di kawasan Monas. Air Mancur itu terletak di sebelah barat, timur, dan utara. Adapun air mancur yang berada di sebelah barat didesain khusus dapat bergerak mengikuti lagu yang diiringi lampu khusus.

Wisata Patung M.H Thamrin

Patung M.H Thamrin terletak di sebelah barat kawasan Monas. Sebagai informasi, M.H Thamrin merupakan tokoh masyarakat Betawi dan tokoh Pergerakan Nasional Indonesia. Ia pernah menjadi Volkstraad (Dewan Rakyat) yang mewakili orang Indonesia.

Wisata Patung Diponegoro

Patung Diponegoro berada di bagian utara Taman Merdeka. Patung ini berbentuk Diponegoro yang sedang menunggangi kuda. Adapun patung ini dibuat oleh Prof. Cobetaido sebagai penghargaan dari konsul jenderal kehormatan Indonesia Dr.Mario Pitto.

Wisata Patung Chairil Anwar

Chairil Anwar dikenal sebagai penyair yang menjadi pelopor Angkatan '45. Dalam dunia sastra Angkatan '45 dikenal sebagai pembaharuan yang mendobrak kekakuan dalam ekspresi sastra. Letak Patung Chairil Anwar ini sekitar 100 m di utara Patung Diponegoro.

Wisata Patung R.A Kartini

Tak ketinggalan, salah satu pahlawan perempuan Indonesia, R.A Kartini juga diabadikan dalam bentuk patung di kawasan Monas. Patung Kartini menggambarkan tiga pose Kartini, yaitu sedang berjalan, mengasuh anak, dan menari. Patung Kartini terletak di sebelah timur kawasan Monas.

Wisata Patung Ikada

Monumen ini dibangun untuk memperingati kebulatan tekad rapat raksasa Ikada, yaitu tekad para pemuda untuk merdeka dan hanya mengakui pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 September 1945 silam.

Wisata Lapangan Olahraga

Kawasan Monas menyediakan 4 lapangan futsal, 1 lapangan basket, dan 1 lapangan voli. Masyarakat dapat menggunakan lapangan secara gratis dengan izin dari Kantor Pengelola Kawasan Monas.

Wisata Ruang Kemerdekaan

Ruang Kemerdekaan berbentuk amphitheater dan berada di Cawan Tugu Monas. Pada keempat dinding yang ada di tengah ruangan terpasang empat buah atribut kemerdekaan bangsa Indonesia, yaitu Sang Saka Merah Putih, Peta Wilayah NKRI, Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI, dan Lambang NKRI "Bhineka Tunggal Ika".

Wisata Kandang Rusa Tutul

Selain ke museum, masyarakat juga dapat bertemu dengan rusa jika berkunjung di kawasan Monas. Rusa-rusa ini merupakan pindahan dari Museum Kepresidenan di Bogor sebagai pelengkap objek wisata. Adapun lokasi Kandang Rusa Tutul ini berada di selatan kawasan Monas.

Wisata Hutan Kota

Taman Medan Merdeka di rencanakan sebagai Taman Kota dan Hutan Kota yang indah dan tertata dengan baik. Selain itu, ditambah juga dengan elemen estetis dan fungsional serta penambahan jumlah tanaman dan pepohonan.

(pop/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER