14 Fakta Menakjubkan Tentang ASI: Rasa Bisa Berubah di Malam Hari

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 06 Agu 2022 09:15 WIB
Berikut sederet fakta-fakta mengagumkan tentang ASI. Ilustrasi ASI. (Istockphoto/Reptile8488)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pekan pertama Agustus diperingati sebagai pekan ASI (air susu ibu). Ada beberapa fakta seputar asi. ASI sebenarnya bukan cuma makanan terbaik untuk bayi, namun ASI juga punya banyak manfaat buat bayi.  

Berbagai penelitian membuktikan bahwa ASI juga berperan besar dalam menjaga daya tahan tubuh bayi sehingga tidak mudah sakit. Oleh karenanya banyak ibu memberikan asi eksklusif pada anaknya. 

World Health Organisation (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif alias hanya ASI tanpa tambahan makanan dan minuman lain selama enam bulan pertama kelahiran bayi, karena ASI memberikan nutrisi optimal yang dibutuhkan untuk kesehatan, pertumbuhan, serta perkembangan anak.

Selain itu, ternyata masih ada sejumlah fakta mengejutkan tentang ASI yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Melansir berbagai sumber, berikut sederet fakta-fakta mengagumkan tentang ASI yang dapat membuat Anda takjub dengan "keajaiban" yang terjadi selama masa menyusui.

1. Obat alami

Sama halnya seperti darah manusia, ASI adalah cairan hidup yang mengandung berbagai zat pembunuh kuman, bakteri sehat, antibodi, sel darah putih, antimikroba dan pelindung dinding sel serta protein yang menawarkan perlindungan terhadap bakteri dan virus.

Bakteri hidup dalam ASI mempengaruhi kesehatan usus bayi Anda. ASI eksklusif akan menjajah usus bayi Anda dengan bakteri sehat yang mungkin memiliki manfaat seumur hidup dengan membantu mengembangkan ketahanan terhadap kondisi seperti diabetes, obesitas dan sindrom metabolik.

Jika Anda sakit, sel darah putih khusus akan muncul di ASI Anda untuk melindungi bayi Anda. Sebaliknya, jika bayi Anda sakit, perpindahan kuman dari bayi ke payudara Anda akan memicu produksi antibodi spesifik.

Antibodi ini akan disimpan ke dalam ASI Anda untuk meningkatkan kekebalan bayi Anda dan membantunya melawan penyakit. Zat dalam ASI Anda juga akan meningkatkan perkembangan sistem kekebalan bayi Anda yang belum matang.

Fakta seputar asi. Perlu diketahui bahwa Anda tidak membutuhkan banyak ASI untuk membantu bayi Anda tetap sehat. Setiap sendok teh ASI memiliki 3 juta sel pembunuh kuman di dalamnya. Jadi jika bayi mendapat bahkan satu sendok teh sehari, itu sangat berharga.

ilustrasi ibu menyusuiFoto: Istockphoto/ Warrengoldswain
ilustrasi ibu menyusui

2. Mencium bayi akan mengubah ASI

Mencium bayi Anda juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi. Saat Anda mencium bayi Anda, Anda mengambil sampel patogen di kulitnya, yang kemudian ditransfer ke sistem limfatik Anda di mana Anda akan menghasilkan antibodi terhadap penyakit apa pun.

Antibodi ini kemudian akan melewati ASI Anda ke bayi Anda dan meningkatkan sistem kekebalannya.

3. ASI berubah selama menyusui

Mengutip berbagai sumber, Kandungan lemak ASI Anda berubah selama menyusui dan bayi Anda dapat mengaturnya dengan mengisapnya selama Anda membiarkan bayi Anda menyusu selama dan sesering yang ia butuhkan.

Saat bayi Anda haus dan mulai mengisap, pertama-tama si kecil akan mendapatkan lebih banyak foremilk yang 'berair' untuk menghilangkan rasa hausnya, seiring berjalannya waktu menyusu, ia akan merangsang refleks letdown (LDR) Anda.

Refleks letdown ini akan memeras susu yang lebih tinggi lemak atau ASI hindmilk ke bayi Anda untuk memenuhi kebutuhan energinya. Ini adalah proses yang serupa karena susu berlemak tinggi tersedia untuk bayi Anda selama menyusui. Ini berarti bayi Anda dapat mengontrol jenis susu yang ia butuhkan pada setiap kali menyusu melalui jenis isapan yang ia gunakan, serta berapa lama si kecil menyusu.

4. ASI berubah seiring pertumbuhan bayi

Komposisi ASI tidak hanya berubah selama sekali menyusui, tetapi nutrisi, termasuk makronutrien, dan konsentrasi faktor kekebalan berubah sesuai dengan usia dan perkembangan bayi Anda, memberikan makanan yang sempurna untuk bayi Anda saat ia tumbuh sejak lahir sampai kenal MPASI.

Berapa lama Anda menyusui tidak akan mempengaruhi ASI Anda untuk kehilangan kebaikannya. Beberapa faktor kekebalan sebenarnya menjadi lebih terkonsentrasi selama tahun kedua kehidupan, tepat ketika bayi Anda cukup bergerak untuk bermain dengan anak-anak lain dan terpapar lebih banyak penyakit.

5. Rasa ASI berbeda di malam hari

ASI malam kaya akan triptofan, asam amino penginduksi tidur yang merupakan prekursor serotonin serta asam amino yang mendorong sintesis serotonin. Serotonin adalah hormon vital untuk fungsi dan perkembangan otak yang membuat otak bekerja lebih baik, menjaga suasana hati yang baik dan membantu siklus tidur.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa konsumsi triptofan pada masa bayi menyebabkan perkembangan serotonin lebih banyak, jadi selama bayi Anda membutuhkan makan malam, Anda mendukung potensi si kecil untuk kesejahteraan seumur hidup.

6. Konsumsi makanan dapat memengaruhi komposisi ASI

Meskipun simpanan nutrisi yang diberikan selama kehamilan berarti bahwa ASI Anda bergizi dan seimbang untuk semua kebutuhan bayi Anda, ada bukti bahwa beberapa nutrisi akan dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi.

Penelitian lebih lanjut telah menghubungkan rasio asam lemak dalam ASI dan kecenderungan bayinya untuk mengembangkan alergi tertentu. Studi lain melaporkan bahwa kadar asam lemak omega tiga dalam makanan ibu tidak hanya terkait dengan perkembangan saraf yang sehat dan pola tidur pada bayi serta meningkatkan sifat penguatan kekebalan dari ASI.

Saran terbaik untuk diet yang mendukung menyusui adalah makan makanan dan camilan secara teratur sepanjang hari dan memakan berbagai macam makanan alami sehingga Anda tidak hanya meningkatkan nutrisi dalam ASI tetapi Anda menjaga kesehatan Anda sendiri dan tidak menjadi terkuras.

14 Fakta Seputar ASI

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER