Kumur-kumur Setelah Sikat Gigi, Perlu atau Tidak?

CNN Indonesia
Senin, 05 Des 2022 07:15 WIB
Kumur-kumur setelah sikat gigi disebut bisa membuat manfaat yang diberikan fluoride jadi berkurang. Lantas, perlukah kita membilas mulut setelah sikat gigi? Ilustrasi. Kumur-kumur setelah sikat gigi disebut bisa membuat manfaat yang diberikan fluoride jadi berkurang. (iStockphoto/shironosov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak kecil, kita diajarkan untuk menyikat gigi lalu membilas mulut dengan berkumur-kumur. Berkumur dianggap bisa membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di dalam mulut.

Namun demikian, anggapan lain justru menyebutkan bahwa kumur-kumur setelah sikat gigi sebenarnya tidak terlalu dianjurkan.

Melansir Healthline, salah satu penyebabnya adalah fluoride, sebagai bahan utama dalam pasta gigi yang dibutuhkan untuk memperkuat enamel gigi.

Fluoride disebut membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk berada di permukaan gigi demi memberikan khasiat terbaiknya. Segera membilas mulut setelah sikat gigi disebut dapat menurunkan manfaat yang diberikan fluoride.

Alih-alih berkumur, Anda justru disarankan untuk membersihkan mulut dengan cara meludah. Hindari juga konsumsi makanan dan minuman setidaknya selama 10 menit setelah menyikat gigi.

Kenapa Harus Kumur-kumur Setelah Sikat Gigi?

Jika memang manfaat fluoride bisa menurun saat mulut dibilas, maka pertanyaannya kemudian mengapa muncul anjuran untuk kumur-kumur setelah sikat gigi?

Anjuran berkumur-kumur ini sebenarnya memiliki alasan yang kuat. Terlalu lama membiarkan pasta gigi di dalam mulut berisiko membuat Anda menelan kandungan fluoride di dalamnya. Padahal, Anda disarankan untuk menjaga agar fluoride tak masuk ke dalam pencernaan.

Perlu diketahui, beberapa pasta gigi mengandung konsentrasi fluoride yang jauh lebih tinggi dari yang direkomendasikan.

Jadi, strategi membilas mulut setelah menyikat gigi sebenarnya dilakukan sebagai salah satu cara mencegah konsumsi fluoride dalam jumlah yang terlampau tinggi.

Efek Samping Tak Kumur-kumur Setelah Sikat Gigi

Woman rinsing and gargling while using mouthwash from a glass, During daily oral hygiene routine, Girl in a purple silk robe, Dental Healthcare ConceptsIlustrasi. Tak kumur-kumur setelah sikat gigi bisa memicu efek samping tertentu. (iStockphoto/Tharakorn)

Secara umum, tidak berkumur setelah menyikat gigi dianggap aman. Namun, ada beberapa efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Efek samping tidak kumur-kumur setelah sikat gigi ini muncul dari kandungan fluoride yang punya risiko tertelan. Saat tertelan, fluoride bisa memicu beberapa gejala berikut:

- mual,
- diare,
- sakit perut.

Namun, efek samping ini tak akan muncul jika Anda hanya menggunakan sedikit pasta gigi. Efek samping ini juga biasanya terjadi pada anak-anak yang tak sengaja menelan fluoride pada produk pasta gigi orang dewasa.



(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER