Waspada Kalau Kamu Sering Bangun Jam 3 Pagi karena Kebelet Pipis!

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 01 Okt 2022 22:17 WIB
Pernah terbangun jam 3 pagi hanya lantaran ingin pipis? Kenapa ya sebabnya? Pernah terbangun jam 3 pagi hanya lantaran ingin pipis? Kenapa ya sebabnya?(iStockphoto/patchanan promunat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pernah terbangun jam 3 pagi hanya lantaran ingin pipis

Sebagian orang menghubungkan terbangun jam 3 pagi dengan hal-hal di luar nalar. Padahal terbangun jam 3 pagi berarti pertanda ada masalah pada tubuh Anda.

Terbangun jam 3 pagi terbilang 'tanggung' untuk memulai aktivitas. Selain itu, biasanya orang susah kembali tidur dan kehilangan waktu istirahat meski 'hanya' beberapa jam.

Tubuh sebenarnya ingin bicara sesuatu pada Anda. Berikut beberapa alasan Anda terbangun jam 3 pagi.

1. Tubuh terkondisikan demikian

Tubuh bisa dilatih atau dibiasakan termasuk soal jam bangun. Jika Anda kerap terbangun di jam 3 pagi, coba ingat-ingat lagi hal-hal yang membuat Anda 'melek' jam 3 pagi beberapa waktu lalu.

Mungkin Anda bekerja shift malam, bangun untuk menyusui anak atau mengganti popok dan alasan-alasan lain. Saat dilakukan berkali-kali, tubuh pun terbiasa.

"Saya tidak yakin bahwa ilmu di balik ini diketahui dan apakah ini benar-benar pengkondisian. Tetapi dugaan saya adalah otak dan tubuh memiliki kesadaran akan tugas-tugas penting dan mampu mengakibatkan terjaga saat dibutuhkan," ujar Vishesh K. Kapur, profesor di divisi pulmonari, perawatan kritis dan kesehatan tidur di University of Washington, dilansir dari Livestrong.

2. Nokturia

Kadang keinginan untuk buang air kecil mampu membangunkan orang di jam-jam tengah malam atau jam 3 pagi. Kondisi ini disebut nokturia.

Seperti dilansir dari laman Sleep Foundation, buat sebagian orang nokturia disebabkan konsumsi cairan berlebih jelang tidur terutama kopi dan alkohol. Nokturia pun umum selama kehamilan dan biasanya hilang beberapa bulan setelah melahirkan.

Sementara yang lain mengalami nokturia karena masalah pada kandung kemih, masalah kencing atau kondisi kesehatan lain.

3. Gangguan tidur

Anda patut curiga Anda sedang mengalami gangguan tidur. Terbangun jam 3 pagi adalah salah satu tanda gangguan tidur. Berikut beberapa jenis gangguan tidur.

Insomnia, orang dengan insomnia memiliki masalah dengan kemampuan tetap tidur sepanjang malam. Gejala khas insomnia adalah terbangun di malam hari yang berlangsung selama 30 menit atau lebih.

Obstructive sleep apnea (OSA), OSA mengakibatkan gangguan pernapasan. Gejalanya berupa mengorok. Penderitanya kebanyakan tidak sadar akan gejala OSA.

Gangguan ritme sirkadian, ada ketidakselarasan antara jam internal dan isyarat lingkungan yang memicu tubuh untuk bangun. Orang jadi bangun di jam-jam yang tidak biasa.

Gangguan mimpi buruk, mimpi buruk menghadirkan perasaan tertekan dan cemas sehingga susah kembali tidur.

4. Usia

Terbangun jam 3 pagi bisa berkaitan dengan usia. Kapur mengatakan ada kecenderungan untuk tidak bisa tidur atau mempertahankan tidur seiring bertambah usia.

Orang tua menghabiskan lebih sedikit jam dalam tidur nyenyak dan rata-rata terbangun tiga hingga empat kali per malam. Kadang aktivitas terbangun ini berhubungan dengan masalah buang air kecil, ketidaknyamanan atau rasa sakit berkaitan dengan masalah kesehatan kronis.

5. Stres, cemas atau depresi

Sebagian orang terbangun karena mengalami stres. Kondisi ini disebut reaktivitas tidur dan membuat orang kesulitan untuk tetap tidur.

Studi menunjukkan orang dengan gangguan stres pasca trauma (PTSD) cenderung mengalami gangguan tidur di malam hari. Hal ini juga dialami mereka dengan gangguan kecemasan.

Kemudian, kesulitan tidur juga merupakan gejala umum orang yang depresi berat. Para ahli berpendapat, depresi berdampak pada tidur dengan mengubah ritme sirkadian yang mengatur jadwal tidur-bangun. Saat jam internal tubuh terganggu, orang bisa merasa waspada di jam-jam tidur.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER