Fakta-fakta Miss Grand International yang Kini Digelar di Indonesia

CNN Indonesia
Jumat, 07 Okt 2022 20:15 WIB
Kontes kecantikan Miss Grand International 2022 diselenggarakan di Bali dan Jakarta pada Oktober ini. Berikut beberapa fakta soal Miss Grand International 2022. Ilustrasi. Kontes kecantikan Miss Grand International 2022 diselenggarakan di Bali dan Jakarta pada Oktober ini. (Istockphoto/Springtime78)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kontes kecantikan Miss Grand International 2022 diselenggarakan di Bali dan Jakarta. Malam final kontes ini akan digelar di Sentul International Convention Center, Sentul, Kabupaten Bogor pada 25 Oktober mendatang.

Mengutip laman resminya, Miss Grand International (MGI) mewartakan diri sebagai kontes kecantikan dengan keunikan dan identitas yang bermartabat.

Pemenang yang menyandang gelar Miss Grand International nantinya harus melakukan perjalanan untuk melanjutkan misi perlawanan dan menghentikan perang serta kekerasan dalam segala bentuk di dunia.

Dalam beberapa hari terakhir, kontes ini memicu perhatian. Gara-garanya, pertengkaran antara Miss Grand Ukraina dan Miss Grand Rusia yang ditempatkan pada satu kamar.

Sebelum mengulas lebih jauh, kenali beberapa fakta Miss Grand International berikut ini.

1. Misi menyetop perang dan kekerasan

Banyak warganet sempat menyangkut pautkan ajang Miss Grand International 2022 dengan ajang kecantikan lainnya seperti Miss Universe dan Miss World.

MGI memiliki visi misi memerangi kekerasan dan peperangan di dunia. Setiap perhelatan dan kampanye selalu mengusung tema stop peperangan dan kekerasan.

2. Diinisiasi Thailand

Kontes MGI didirikan oleh organisasi asal Thailand untuk menunjukkan potensi Negeri Gajah Putih ke dunia.

Figur publik pertama kali yang menggagas berdirinya ajang ini adalah Nawat Itsaragrisil dan Yuphiyao Thaivisut. Keduanya aktif dalam bidang kecantikan dan entertainment Thailand.

3. Indonesia mulai ikut tahun 2013

3rd Runner Up Puteri Indonesia 2016, Ariska Putri Pertiwi berhasil meraih kemenangan sebagai Miss Grand International 2016 dan juga the Best National Costume.Puteri Indonesia 2016 Ariska Putri Pertiwi pernah menyabet predikat Best National Costume pada ajang Miss Grand International. (Dok. Yayasan Puteri Indonesia)

Indonesia ikut berpartisipasi dalam gelaran ini dan mencatat berbagai prestasi menarik.

Partisipasi Indonesia di MGI dimulai sejak tahun 2013. Kala itu, Indonesia diwakili oleh runner-up ketiga Puteri Indonesia 2012-2013 Novia Indriani Mamuaja.

Selain itu, runner-up 3 Puteri Indonesia 2016, Ariska Putri Pertiwi sempat berhasil menyabet predikat Best National Costume pada ajang Miss Grand International 2016.

4. Mencari body, beauty, brain sebagai kriteria

Kontes MGI mencari wanita yang tak hanya cantik, tetapi juga siap bekerja dengan sempurna.

Para finalis diharapkan memiliki kemampuan untuk serba bisa dan menunjukkan potensi sebagai wanita modern yang terampil dan cerdas. Diharapkan, pemenang bisa jadi ikon wanita di seluruh dunia.

5. Dibagi jadi 5 rangkaian acara

Para finalis MGI telah tiba di Bali untuk mengikuti masa karantina sekaligus masa registrasi pada Senin (3/10). Kemudian, seluruh finalis dijadwalkan untuk mengikuti Sashing Ceremony sebagai acara dimulainya masa karantina.

Setelah itu, para finalis akan mengikuti Sportswear Competition, National Costume Competition, Preliminary Competition, dan Final Show yang menjadi puncak dari gelaran MGI.

6. Dikecam Miss Ukraina

Finalis Miss Grand Ukraina Olga Vasyliv marah besar dan kecewa lantaran ditempatkan sekamar dengan Miss Grand Rusia Ekaterina Astashenkova.

Bukan tanpa alasan Vasyliv marah. Serangan Rusia ke Ukraina yang masih berlangsung sampai sekarang dan menimbulkan banyak korban jiwa jadi alasan Vasyliv mengkritik panitia pelaksana.

Menanggapi hal tersebut, finalis Rusia Ekaterina Astashenkova berkomentar di akun Instagram pribadinya. Dengan tegas, ia mengaku bahwa dirinya menentang kekerasan. Wanita yang mengaku berasal dari keluarga Ukraina itu mengatakan bahwa ia ingin menyebar perdamaian.

(del/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER