4 Tips Cat Rambut di Rumah, dari Warna Putih Bisa Jadi Hitam Sempurna

CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 14:25 WIB
Warna rambut memang bisa diubah sesuai keinginan pemiliknya. Berikut beberapa tips mengecat rambut sendiri di rumah. Ilustrasi. Ada beberapa tips mengecat rambut sendiri di rumah yang bisa diikuti. (Istockphoto/robertprzybysz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunggah swafoto dirinya yang berambut hitam. Foto itu diunggahnya persis setelah riuh respons terhadap pidato Presiden Joko Widodo menyoal pemimpin berambut putih.

Padahal, sebagaimana diketahui, Ganjar sebelumnya dikenal sebagai sosok pria yang identik dengan rambut putih.

"Cukur," kata Ganjar melalui akun instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Minggu (27/11).

"Kamu punya tips merawat wajah dan rambut?" imbuhnya.

Kendati demikian, belum diketahui pasti apakah foto yang diunggah Ganjar merupakan foto baru atau lama. Yang jelas, foto itu membuat banyak netizen berkesimpulan bahwa Ganjar mengecat rambutnya.

Warna rambut memang bisa diubah sesuai keinginan pemiliknya. Rambut putih seperti yang dimiliki Ganjar bisa diubah menjadi hitam, atau bahkan warna lainnya.

Mengubah warna rambut kini bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Selain lebih hemat, peralatan semir pun kini mudah didapat untuk mempermudah proses pewarnaan rambut.

Tips Mewarnai Rambut di Rumah

Jangan khawatir jika Anda ingin mewarnai rambut namun memiliki waktu dan dana yang terbatas untuk pergi ke salon. Berikut cara mewarnai rambut sendiri di rumah.

1. Jangan keramas dua hari sebelum cat rambut

Pink Vibrant Hair Dye Coloring brush Close UpIlustrasi. Ada beberapa tips mengecat rambut sendiri di rumah. (iStockphoto/AlenaPaulus)

Penata rambut ternama, Kiyah Wright, menyarankan untuk tidak keramas dua hari sebelum mewarnai rambut demi menjaga minyak alami kulit. Minyak alami tersebut berfungsi melindungi kepala dari iritasi akibat amonia dalam zat pewarna rambut.

2. Jangan percaya warna rambut yang muncul dalam kemasan

Mengutip Allure, pewarna rambut Dana Ionato dari salon Sally Hershberger Downtown di New York City menyarankan untuk tidak percaya dengan foto model yang ada di kemasan cat rambut. Menurutnya, warna rambut setelah dicat akan selalu lebih terang dibandingkan foto rambut model yang ada di kemasan.

"Pengembang dalam pewarna permanen di rumah sangat kuat, lebih kuat dari yang kami gunakan di salon, sehingga mengangkat warna dan membuatnya lebih terang dari yang Anda lihat di kotak," katanya.

3. Gunakan dua kotak cat rambut

Jika rambut Anda melewati bahu dan memiliki tekstur yang kasar, gunakan dua kotak dengan warna yang sama untuk memastikan seluruh rambut terwarnai dengan sempurna.

Pastikan untuk mencampur pewarna dalam gelas atau mangkuk plastik dan hindari penggunaan wadah berbahan dasar logam karena akan akan mengoksidasi pewarna dan menyebabkan perubahan warna.

4. Lakukan patch test

Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui apakah cat rambut yang akan digunakan cocok dengan kulit atau tidak. Tujuannya agar mengurangi risiko alergi hingga iritasi pada kulit setelah pemakaian.

Caranya, cukup dengan mengoleskan sedikit cat rambut ke area belakang telinga Anda dengan menggunakan cotton bud kemudian diamkan selama kurang lebih 48 jam.

Jika muncul tanda-tanda alergi pada kulit, segera bilas dengan air bersih. Jangan gunakan cat rambut tersebut.

Namun, jika dirasa baik-baik saja tanpa keluhan, Anda bisa melanjutkan ke tahap pewarnaan rambut.



(fby/asr)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER