Tips Membangun Bonding Antara Orangtua dan Bayi: Ngobrol dan Nyanyi

tim | CNN Indonesia
Rabu, 30 Nov 2022 17:30 WIB
Tapi bagaimana si cara merawat anak yang benar sehingga bonding orangtua dan anak makin kuat? Tapi bagaimana si cara merawat anak yang benar sehingga bonding orangtua dan anak makin kuat?( iStock/damircudic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengurus bayi itu bukan cuma urusan ibu. Peran ayah dalam mengurus bayi juga sangat penting, bukan cuma buat bayi tapi juga jadi dukungan moral dan fisik untuk ibu.

Dengan kedua orangtua yang bersama-sama merawat bayi, ikatan kuat orangtua dan anak yang dibangun sejak anak baru lahir akan berpengaruh pada perkembangan bayi.

Saat bayi mendapatkan apa yang ia butuhkan seperti senyuman, sentuhan, atau pelukan, dari kedua orangtuanya maka ia akan merasa dunia adalah tempat aman dan nyaman untuknya.

"Merawat bayi sangat penting sejak hari pertama. Ini bisa dilakukan dengan mulai dari pemilihan produk bayi yang berkualitas, memberikan asi yang baik dan benar, dan juga orang tua yang turut serta menjadi team work. Ini akan membuat bayi akan merasa lebih happy dan merasakan rasa cinta orangtuanya," ungkap Brand Manager produk perawatan tubuh bayi, Bebble, Dianita Irfa Wardhani, dalam pernyataannya.

"Merawat si kecil lebih dari sekadar rutinitas, tapi juga ekspresi cinta dan dedikasi."

Tapi bagaimana si cara merawat anak yang benar sehingga bonding orangtua dan anak makin kuat?

Bidan Jamilatus Sa'diyah menyebut bahwa membangun bonding orangtua dan anak bisa dilakukan melalui cara-cara yang sederhana di rumah.

Selain memberikan ASI, sering menyentuh dan memeluk, mengajak anak ngobrol sampai bernyanyi. Cara ini akan membantu bayi mengenali suara Anda dan bahasa yang Anda gunakan.

Tak cuma itu Jamilatus juga memberikan beberapa tips untuk membangun bonding antara orangtua dan anak

- Komunikasi dengan bayi. Ini akan membantu bayi mengenali suara Anda dan bahasa yang Anda gunakan. Sebenarnya sekalipun bayi belum bisa bicara tapi mereka sudah bisa belajar bahasa dan juga nada emosi dari lawan bicaranya. Di sisi lain, suara dari orang tuanya yang tenang dan senang akan membuat anak merasa nyaman dan aman.

- Melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

- Menyusui secara eksklusif dilanjutkan sampai 2 tahun

- Melakukan atau mengerjakan perawatan essensial bayi baru lahir. Misalnya memandikan bayi, membedong bayi, mengajak bermain,

- Pijat bayi yang dilakukan oleh kedua orang tuanya, karena aktivitas ini banyak menstimulasi multi sensori. Hanya saja sebelum melakukan pijat, pastikan Anda belajar dari ahlinya di rumah sakit bersalin. Jangan memijat bayi sembarangan jika Anda belum paham aturannya.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER