Terpesona Pertunjukan Air Mancur Spectra di Marina Bay Sands Singapura

tim | CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 11:30 WIB
Spectra di Marina Bay Sands Singapura adalah pertunjukan yang menampilkan laser, cahaya, gerakan air, grafis, serta latar belakang suara yang apik dan pas. Air Mancur Spectra di Marina Bay Sands, Singapura. (Foto: CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak puas rasanya apabila berkunjung ke Kota Singa namun tidak singgah untuk menikmati pertunjukan air mancur 'Spectra' di kawasan Marina Bay Sands Singapura.

Sebuah pertunjukan di Singapura berdurasi 15 menit ini menampilkan pertunjukan laser, cahaya, gerakan air, grafis, serta latar belakang suara yang apik dan pas.

Diluncurkan pada 2 Juni 2017, Spectra menampilkan soundtrack orkestra orisinal yang disusun oleh produser dan komposer musik Singapura, Kenn C., dengan keterlibatan dari seniman visual media lokal dan internasional serta teknologi cutting-edge.

Setiap harinya, banyak penonton yang berjubel di belakang pagar untuk menikmati atraksi ini. Spectra juga memberikan 'cipratan' air apabila pengunjung berdiri tepat di belakang pagar pembatas. Suasana malam yang dingin di Singapura menjadi alasan penambah untuk mengeratkan jaket.

Manajemen Marina Bay Sands mengatakan, pertunjukan gratis ini telah menghibur lebih dari 2,5 juta orang di kawasan elit itu sejak awal diluncurkan.

Pengunjung akan disajikan sebuah figure permata mahkota yang merupakan prisma kaca setinggi 12 meter. Prima tersebut seolah hidup bersamaan dengan musik dan lighting di sepanjang acara berlangsung. Adapun pengalaman multimedia ini dapat dilihat dari sejauh 50 meter di sepanjang Waterfront Promenade.

Specta di Marina Bay Sands SingapuraAir mancur Spectra di Marina Bay Sands. (Foto: CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

"Pertunjukan ini diadakan setiap malam di jam 8 dan 9 malam (Minggu hingga Kamis), dengan pertunjukan ketiga pada pukul 10 malam di setiap hari Jumat dan Sabtu," kata Manajemen Marina Bay Sands melalui keterangan tertulis kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/11).

Lebih lanjut, Spectra juga bermuatan jalan cerita yang menggambarkan perjalanan Singapura dari sejumlah masyarakat multikultural hingga menjadi kota kosmopolitan seperti saat ini.

Gambaran visual yang digunakan merupakan representasi metaforis dari kehidupan sosial Singapura dengan berbagai kompleksnya, serta sejarah yang mengakar dan berlatarkan kebudayaan mereka.

Spectra juga disebut berbeda dari pertunjukan lighting dan air lainnya karena teknik air mancurnya yang beragam, dan penggunaan perlengkapan LED 500 watt di bawah air. Selain itu, Spectra menggunakan lebih dari 110 tipe lighting dan laser.

(khr/wiw)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER