Film Indonesia

The Raid 2: Berandal Unggul Sementara dari 47 Ronin

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 05/01/2015 21:00 WIB
The Raid 2: Berandal Unggul Sementara dari 47 Ronin Julie Estelle, salah satu pemeran The Raid 2: Berandal (Getty Images/ Astrid Stawiarz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keseriusan sutradara Gareth Evans dan tim memproduksi The Raid 2: Berandal membuahkan hasil. Film yang dibintangi Iko Uwais itu mendapat apresiasi di mana-mana. Terakhir, The Raid 2: Berandal masuk daftar 10 Film Terbaik 2014 versi Internet Movie Database (IMDb).

Dalam daftar itu, The Raid ada di peringkat ke-tujuh. Ia lebih unggul dibanding How to Train Your Dragon 2, Edge of Tomorrow, dan The Fault in Our Stars. Ia mendapat nilai 8,1 dari angka sempurna 10, setara dengan The Grand Budapest Hotel dan X-Men: Days of Future Past. Tiga film di bawahnya, bernilai 8,0.

Bukan hanya 'mengalahkan' Edge of Tomorrow yang dibintangi Tom Cruise. Dalam daftar yang berbeda, The Raid 2: Berandal juga jauh lebih unggul dibanding film kesatria Jepang yang dibintangi Keanu Reeves, 47 Ronin. Keduanya bersaing di daftar calon Best Artial Arts Movies 2014 versi Budomate Magazine.


Budomate Magazine sendiri merupakan situs khusus film-film martial arts. Setiap tahun, situs itu membuat daftar film martial arts yang bisa dipilih secara online. Film yang mendapat suara terbanyak otomatis menjadi yang terbaik tahun ini. Saat ini, pilihan film untuk 2014 masih dibuka. Terdapat 17 film ditawarkan.

Di antaranya: Ninja Apocalyopse, Rurouni Kenshin Kyoto Inferno/The Legend Ends, Iceman, dan Once Upon a Time in Shanghai. The Raid 2: Berandal sementara mendapat pilihan terbanyak. Dari 1.648 pemilih, sebanyak 785 orang atau 48 persen memilih The Raid 2: Berandal. Di bawahnya, ada Street Fighter Assassin's Fist yang dipilih 40 persen orang. 47 Ronin di posisi ketiga, dengan 2 persen suara.

Bukan hanya kali ini The Raid mendapat tempat di situs Jepang itu. Tahun 2012, film pertama The Raid menjadi Best Martial Arts Movie bersama Dragon Eyes yang dibintangi Jean Claude Van Damme dan The Man with The Iron Fists.

Di tahun yang sama, Iko Uwais menjadi Best Action Hero, Yayan Ruhian menjadi Best Movie Bad Guy, dan keduanya menjadi Best Movie Fight Scene. Gareth Evans, Iko Uwais, dan Yayan Ruhian juga didapuk menjadi Best Fighting Coreographer.

(rsa/vga)