Selebriti Indonesia Jelmakan Cerita Rakyat Klasik

Nadi Tirta Pradesha, CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2015 14:05 WIB
Pameran foto Alkisah yang menampilkan puluhan selebriti Indonesia adalah usaha untuk menghadirkan cerita rakyat dengan nuansa kontemporer. Foto Alkisah karya fotografer Rio Wibowo. (CNNIndonesia Free Watermark/Dok. Rio Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Adakah di antara kita yang masih ingat dongeng klasik tradisional Ande Ande Lumut? Agaknya tak banyak. Sebagai pengingat, kita bisa melihat karya terbaru Rio Wibowo.

Bersama Galeri Indonesia Kaya dan Grand Indonesia, sang fotografer melakukan kolaborasi fotografi tematik bertajuk Alkisah yang antara lain dilatari kisah Dewi Candra Kirana alias Kleting Kuning mencari belahan jiwanya, Ande Ande Lumut.

Digarap selama dua bulan, Alkisah melibatkan 57 aktor, aktris dan selebriti, serta 15 desainer, enam penata gaya, 12 make-up artist. Pameran foto Alkisah resmi dibuka kemarin (10/8) di Atrium Grand Indonesia, hingga 23 Agustus 2015.


Alkisah, foto kontemporer yang menggambarkan dongeng klasik Nusantara. (CNNIndonesia Free Watermarks/Rio Wibowo)

Menurut Rio, awalnya proyek fotografi yang sudah diinisiasi, sejak 2013, tak ubahnya mimpi. Ia tak membayangkan bagaimana caranya mengumpulkan puluhan pesohor untuk difoto dengan tema dongeng klasik Nusantara.

Begitu proyek ini dimulai, ternyata para model sukarela berpartisipasi tanpa dibayar. Walau ada juga yang menolak karena ketidakcocokan jadwal. Menurut siaran pers, proses pemotretan berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juli.

"Terus terang pengetahuan cerita rakyat saya enggak sampe sepuluh. Taunya pas riset di internet ada ratusan cerita, saya kurasi 17 cerita yang paling besar, ikonik. Pemilihan berdasar karakter wajah, enggak ada seleb yang request. Karakternya muncul di otak saya," jelas Rio.

Selebriti berpartisipasi dalam pemotretan Alkisah secara sukarela. (CNNIndonesia Free Watermarks/Rio Wibowo)
Rio mengungkap lebih banyak mengangkat cerita rakyat dari Pulau Jawa karena jumlah yang memang banyak dan masyarakat dianggap familiar dengan kisah-kisah folklor Jawa.

Mel Ahyar, salah satu desainer proyek Alkisah, menyatakan bahwa cerita rakyat diterjemahkan ke fashion dengan gaya kekinian. Mel, yang ditawari Rio dua cerita, akhirnya memutuskam untuk memfokuskan karyanya.

"Tadinya aku dikasih dua cerita, Keong Mas dan Ande Ande Lumut. Mending satu aja biar fokus. Akhirnya aku cari cerita yang tidak banyak cast-nya yaitu Ande Ande Lumut," kata Mel.

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, menyebut  proyek ini adalah persembahan untuk peringatan 70 tahun Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Alkisah adalah usaha untuk menghadirkan cerita rakyat dengan nuansa kontemporer.

"Tahun lalu, Rio bertemu dengan kami. Pada saat Rio memaparkan konsepnya. Kami, yang selama ini mengangkar budaya dalam kondep kekinian, menyambut dengan positif," ucap Renitasari.

Alkisah, foto selebriti bertema dongeng klasik Nusantara. (CNNIndonesia Free Watermarks/Rio Wibowo)
(vga/vga)