Sam Hunt, Pewaris Takhta Taylor Swift di Ranah Country?

Vega Probo, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2015 09:59 WIB
Sam Hunt, Pewaris Takhta Taylor Swift di Ranah Country? Sam Hunt (CNNIndonesia Internet/Dok. Sam Hunt/Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak sedikit orang menyayangkan keputusan Taylor Swift hengkang dari ranah country untuk beralih ke khazanah pop. Bagaimanapun sang pelantun Shake It Off pernah menjadi ikon country, dan agaknya belum tergantikan.

Sejak awal karier, pada 2006, Swift telah merajai peringkat lagu maupun album Billboard Hot Country. Perlahan, ia meretas elemen country dari musik dan penampilannya, dan semakin menegaskan elemen pop bersama album 1989 (2014).

Ranah country pun seolah kehilangan ikonnya. Namun belakangan, regenerasi terjadi seiring hadirnya wajah-wajah baru. Salah satunya, si ganteng Sam Hunt, yang memborong tiga nominasi American Music Awards (AMA) 2015.


Sam menjadi nomine AMA untuk kategori New Artist of the Year, Favorite Male Artist—Country, dan Favorite Album—Country. Padahal namanya baru saja berkibar dua tahun belakangan ini, terutama setelah merilis album musik Montevallo (2014).

Sam mencuri perhatian publik bukan lantaran ganteng saja. Secara musikal, ia juga mumpuni. Laman EW menyebut single terbaru Sam yang berjudul Break Up in a Small Town memiliki “frasa cerdas, aransemen sarat petualangan dan emosi mantap.”

[Gambas:Youtube]

Pujian EW tak hanya sampai di situ. Break Up in a Small Town,  yang dirilis pada awal pekan ini (19/10), juga disebut “unik secara kualitas, dan universal secara emosi.” Sebagaimana gambaran video musiknya yang digarap sutradara Tim Mattia.

Di sisi lain, laman Taste of Country menilai, video musik Break Up in a Small Town tak semata memperlihatkan cara mantan pemain sepak bola Amerika ini move on dari peristiwa patah hati, juga sepak terjangnya di kancah country.

"She was over me before the grass grew back where she used to park her car," Sam melantunkan lirik lagu Break Up in a Small Town yang galau dengan penuh penghayatan. "She's leaving those same marks in someone else's yard."

Pamor Sam sebagai penyanyi country muda semakin mengilap, belakangan ini. Pada musim panas 2015, ia menggelar tur konser bersama Lady Antebellum, juga menjadi bintang tamu tur koner Luke Bryan. Sebuah prestasi bagi si rookie.

Laman Rolling Stone pun menyebut, video musik Break Up in a Small Town tak ubahnya film mini. Upaya Sam menampilkan drama sekaligus menempatkan lini kisah sinematik yang intens di video musik ini layak diacungi dua jempol.

Sebagaimana lagu sebelumnya, Take Your Time, lagu baru Breakup in a Small Town juga ditulis Sam bersama Shane McAnally dan Zach Crowell. Saat diwawancarai Rolling Stone Country, pada awal tahun ini, Zach mengisahkan latar belakang lagu patah hati ini.

Breakup in a Small Town adalah lagu tersulit di mana saya turut terlibat dalam penggarapannya,” kata Zach. “Butuh sekitar 15 hari untuk menulis lagu ini, dan enam bulan untuk bagian course-nya. Sam terus mengubah lirik dan menggonta-ganti materinya.”

Laman Rolling Stone pun menyebut Breakup in a Small Town sebagai lagu Sam yang paling ambisius. Sam sendiri mengaku telah melakukan banyak hal demi memoles karier sebagai musisi di Nashville, kiblatnya musik country.

“Saya melakukan eksperimen dan mengeksplorasi banyak cara sampai saya mendapatkan ciri khas saya sendiri,” kata si penyanyi, penulis lagu, pemain gitar dan piano ini kepada laman Rolling Stone, setahun silam.

Sam lahir dan besar di Cedartown, Georgia. Sebelum menekuni karier musikal, ia aktif sebagai quarterback atau pelempar bola dalam sepak bola Amerika di kedua kampusnya, Middle Tennessee State University dan University of Alabama di Birmingham.

Sebagaimana disebutkan laman Biography, sejak kecil, pria kelahiran 8 Desember 1984 ini sudah mengakrabi musik country, juga rap, R&B dan pop. Kedisiplinan sebagai atlet, ia terapkan kala meniti karier sebagai musisi di Nashville.

Lagu-lagu ciptaannya, atau yang turut ia ciptakan, kemudian menjadi incaran penyanyi country terkenal, Kenny Chesney (Come Over), Keith Urban (Cop Car) dan Billy Currington (We Are Tonight), dan lain-lain.

Sam berhasil menarik perhatian pencinta country lewat single debutnya, Raised on It (2013), lalu disusul Leave the Night On yang menjadi jawara nomor satu di peringkat lagu country. Kedua lagu tersebut termasuk dalam album Montevallo.

[Gambas:Youtube]